Algoritma itu indah

Yup di awal kuliah, dasar – dasar pemograman adalah kelas pertama yang umumnya diikuti setiap mahasiswa informatika. Di kelas ini, hal pertama yang di pelajari adalah Algoritma. Ada banyak yang saya dapat dari materi ini, dimulai dari pengertian algoritma itu sendiri, bagaimana cara kerja algoritma, hingga bagaimana membuat algoritma hingga menjadi sebuah program.

Algoritma adalah urutan langkah – langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Jadi penjelasan sederhananya, algoritma dapat membuat hidup lebih mudah, karena dengan algoritma kita bisa menyelesaikan sesuatu dengan tahap – tahap yang benar dan logis, sehingga kita bisa efektif dalam menghemat waktu dan tenaga.

Sebenarnya secara tidak langsung setiap manusia menggunakan algoritma dalam kehidupannya, seperti contoh dalam tahap pembuatan telur dadar.

Yup seperti yang kita tahu tahapan dalam pembuatan telur dadar itu sangat lah mudah, dan sebenarnya tahapan sederhana itu bisa di bilang adalah algoritma. Kita menyusun rencana secara logis seperti bahan dan persiapan agar tujuan kita tercapai, yaitu membuat telur dadar. Seperti langkah – langkah berikut:

  1. Ambil semua bahannya serta bumbu halus, campur hingga merata dan aduk-aduk
  2. Siapkan wajan anti lengket, masukkan campuran telur hingga masak bagian bawahnya
  3. Kemudian balikkan telur dan masak hingga matang yang sebelahnya lagi.
  4. Angkat dan masukkan dalam piring, potong-potong sesuai dengan selera.
  5. Telur dadar siap disajikan.

Nah, itulah penjelasan sederhana tentang algortima. Selanjutnya kita akan lihat manfaat dari algoritma. Berikut salah satu contoh pemanfaatnya:

Dalam dunia IT

Algoritma adalah hal yang paling penting dalam dunia IT, semua program dapat berjalan karena adanya algoritma. Algoritma inilah yang nantinya dikonversi menjadi sebuah program dengan bantuan bahasa pemograman. Aplikasi – aplikasi yang kita gunakan saat ini didasari oleh algoritma, algoritma lahir karena adanya permintaan atau tujuan. Oleh karena itu semakin banyaknya aplikasi dengan fitur – fitur yang keren saat ini, semua itu tidak lepas dari kebutuhan manusia itu sendiri. Inilah hubungan erat antara algoritma dengan program.

Dan yang harus kita tahu, Program adalah perwujudan / implementasi teknis dari algoritma yang ditulis dalam bahasa pemgoraman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer. Jadi gampangnya seperti ini:

Program = Algoritma + Bahasa Pemograman

Ada contohnya juga nih berupa video animasi, bisa dicek disini. Nah itulah penjelasan singkat dan sederhana tentang Algoritma.Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s