Panduan Instalasi Windows Phone SDK

Sebelum kita mengembangkan aplikasi Windows Phone 8, kita harus menginstal Windows Phone 8 SDK (Software Development Kit) di Visual Studio pada komputer yang menjalankan OS Windows 8 64-bit . Alasan untuk kebutuhan ini harus 64bit karena Windows Phone Emulatornya. Emulatornya berjalan di virtual mesin Hyper-V (platform virtualisasi Microsoft) yang mana ini membutuhkan OS 64bit.

Jadi, gambarannya nantinya kita akan menjalankan sistem operasi Windows Phone 8 di windows baru yang terlihat seperti os ganda, yang nantinya berfungsi sebagai interface dari Windows Phone. Sebelumnya kita harus memahami persyratannya.

1. Memahami persyaratan sistem operasi

Jadi sudah jelas, jika kita tidak menggunakan sistem operasi Windows 8 64-bit saat ini maka kita tidak akan bisa melakukan development. Jika belum yakin dengan versi OS yang digunakan dapat mengeceknya di  Control Panel > System and Security … di bawah Sistem, akan terlihat tipe Sistem :

decc8ac6-27e5-4ef5-a7f0-43a9ff8ccd0e
System Type

 

NOTE : Untukmenghemat waktu dan biaya, jika Anda menjalankan versi Windows edisi 32-bit, jelas proses development tidak bisa di lakukan. Windows 8 64-bit TIDAK sama dengan Windows 8 Pro, berikut versinya :

  • Windows 8 64-bit Pro
  • Windows 8 64-bit
  • Windows 8 32-bit Pro
  • Windows 8 32-bit

Untuk tujuan pengembangan aplikasi Windows Phone, Anda tidak perlu opsi Pro, pastikan apapun yang Anda pilih adalah 64-bit.

Selanjutnya, download dan instal Windows Phone SDK 8. Jika sudah memiliki Visual Studio 2012 Professional atau versi diatasnya, yang dibutuhkan hanya menambah tool yang diperlukan untuk pengembangan Windows Phone. Jika belum menginstal Visual Studio 2012, installer otomatis akan menambahkan Visual Studio 2012 Express pada sistem. Di tutorial ini akan menggunakan versi  Visual Studio 2012 Professional. Untuk mendownload SDK bisa kunjungi link ini: http://developer.windowsphone.com/en-us/downloadsdk

Saya asumsikan telah bisa men-download dan menjalankan installer, jadi saya tidak akan menjelaskannya disini.

2. Mengaktifkan Hyper-V

Selama instalasi, Anda mungkin melihat pesan ini:

df57e3a6-b12d-4c34-897b-813f2ddf45fc
Hyper-V belum aktif

Dalam hal ini yang harus dilakukan hanyalah mengaktifkan motherboard Anda untuk menjalankan Hyper-V. Untuk mengaktifkan Hyper-V dapat mengujungi link ini: http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windowsphone/develop/jj863509(v=vs.105).aspx

Jika dirasa penjelasan diatas masih kurang detail bisa ikuti video tutorial berikut: Installing Windows Phone 8.0 SDK.

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s