Layout Control di Windows Phone

Windows phone 8 SDK menyediakan banyak fitur Control yang bisa digunakan untuk user interface dari sebuah aplikasi. Nah salah satu yang akan dijelaskan disini adalah layout control. Fungsi layout control windows phone disini adalah bertindaka sebagai wadah untuk kontrol lainnya, antara lain :

Layout Control di Windows Phone

StackPanel

Stack Panel berfungsi sebagai pengatur elemen yang ada didalamnya, gampangnya control ini merapikan konten yang ada didalamnya menjadi beberapa garis secara horizontal ataupun vertikal tergantung kebutuhan. Contoh script stackpanel control :

Kita juga dapat merubah orientasinya seperti berikut :

Berikut contoh stackpanel nya :

StackPanel
StackPanel

 

Grid

Grid Control merupakan layout kotak yang terdiri dari kolom dan baris dan didalamnya dapat diisi dengan control yang berbeda. Untuk menentukan beberapa baris atau kolom dapat menggunakan ColumnDefinitions dan RowDefinitions. Kita juga dapat menentukan ukuran baris tertentu dengan onject RowDefinition dan ColumnDefinition. Contoh script grid control :

Grid
Grid

 

ScrollViewer

ScrollViewer Control bukan merupakan layout, tetapi merupakan wadah. Dari namanya aja kita sudah bisa menebak apa kegunaan control ini. Jadi control ini membantu kita untuk mengatur konten seperti text, paragraf atau lain – lain yang panjang untuk bisa di scroll agar muat di sebuah layout. Contoh scrollviewer di windows phone :


 

Border

Border Control berfungsi hanya untuk membuat batasan. Ini berguna jika kita ingin membuat sebuat pesan yang menjadi fokus layout. Contoh script border control di windows phone :

Border
Border
Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s