Teknik Penyimpanan Data di Windows Phone

Di postingan sebelumnya kita telah membahas bagaimana memanfaatkan basic API yang ada di Windows Phone untuk menyimpan file dan folder di aplikasi kita. Di sharing kali ini kita akan membahas bagaimana cara terbaik untuk menyimpan sebuah data di aplikasi yang kita kembangkan.

Storing Technique di Windows Phone

Serialization dan Deserialization

Serialization adalah cara termudah untuk menyimpan data di local storage. Proses yang dilakukannya yaitu meng-convert complex object ke bentuk text dan menyimpannya dalam bentuk file text yang menggunakan XML atau JSON sebagai outputnya. Sedangkan Deserialization adalah kebalikannya, yaitu meng-connvert kembali menjadikannya object sehingga bisa di gunakan kembali di apikasi.

Serialization biasanya digunakan setiap kali data aplikasi berubah (ketika data di tambah, di edit, atau di delete) yang tujuannya untuk meminimalisir kehilangan data jika terjadi sesuatu, sedangkan Deserialization biasanya digunakan ketika aplikasi pertama kali dijalankan. Untuk memperjelasnya, kita akan buat sebuah contoh data, yang nantinya data ini akan digunakan dengan 2 teknik tadi.

Membuat class person seperti berikut:

Di asumsikan kita telah mempunyai koleksi data person seperti berikut:

 

Serialization

Untuk menggunakan data diatas, kita akan menggunakan local storage API’s yang telah kita bahas di postingan sebelumnya. Kita akan membuat fungsi CreateFile() seperti contoh berikut:

Class DataContractSerializer (yang merupakan bagian dari System.Runtime.Serialization namespace) adalah yang mengatur proses serialization-nya. Ketika kita membuat sebuah contoh, kita membutuhkan data yang spesifik atau yang telah kita buat tadi dengan nama List<person>. Selanjutnya kita membuat sebuah file di local storage dengan operasi serialization menggunakan fungsi WriteObject() dari class DataContractSerializer.

Setelah program di jalankan kita akan menemukan file people.xml yang berisikan data seperti berikut:

Tips: Jika ingin mengeluarkan data berupa JSON Object kita hanya perlu menggantinya menjadi JSON fomat menggunakan class DataContractJsonSerializer.

 

Deserialization

Proses deserialization hampir sama dengan serialization, tetap menggunakan local storage API’s dan menggunakan Class DataContractSerializer.  Berikut contoh penggunaanya:

Yang membedakannya hanyalah:

  • Untuk membaca file menggunakan fungsi AsStreamForRead().
  • Kita menggunakan fungsi ReadObject() dari class DataContractSerializer untuk men-deserialize file yang ada di konten.

Semoga Bermanfaat! 😉

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s