HttpClient di Windows Phone

Di postingan kali ini kita akan membahas kenapa teknologi httpclient menjadi pilihan untuk pengoperasian pengambilan data, entah itu berupa XML atau JSON.

Dulunya framework di Windows Phone telah dibuat dalam 2 class untuk pengoperasian network, yaitu WebClient dan HttpWebRequest tapi keduanya masih belum sempurna. WebClient mudah digunakan, tetapi base-nya masih menggunakan teknologi callback yang lama. HttpWebRequest memang powerfull, tapi termasuk kompleks  untuk digunakan dan masih menggunakan asynchronous pattern lama yang artinya masih sulit dimengerti.

HttpClient di Windows Phone

Dan akhirnya Windows Runtime memperkenalkan class baru yang dinamakan dengan HttpClient, yang mana ini adalah yang pilihan terbaik dari yang dijelaskan sebelumnya. Teknologi Ini memiliki performa yang bagus dan mudah digunakan, async dan await pattern. Class ini telah disupport untuk Windows Runtime tetapi tidak include ke dalam Windows Phone Runtime, sehingga kita harus menginstalnya lagi.

Caranya mudah, cukup lewat Nuget: http://nuget.org/packages/Microsoft.Net.Http/2.1.10 dan untuk instalasi dapat dilihat dipostingan ini.

Teknologi HttpClient tidak hanya optimal digunakan untuk operasi downloading atau uploading, tetapi juga dapat berinteraksi dengan webservice, seperti pengoperasian GET, POST, PUT atau yang biasa disebut CRUD Operation. Selanjutnya kita akan membahas salah satu teknologi HttpClient ini dapat diimplementasikan dimana saja.

HttpClient
HttpClient

 

Downloading Data

File yang kita download akan didownload menggunakan metode command GET HTTP, jadi nantinya HttpClient akan menggunakan GetAsync() method. Untuk mempermudah developer, HttpClient telah dibuat method untuk download file berdasarkan tipenya, seperti GetStringAsync() untuk download file text  seperti XML, RSS, atau REST dan GetByteArrayAsync() dan GetStreamAsync() untuk mendapatkan konten file yang tipenya binary.

Mendownload file bertipe string sangat mudah dilakukan dengan menggunakan method GetStringAsync() dan memasukkan url ke dalam parameternya, seperti contoh berikut yang mengambil string pada sebuah rss blog:

Semoga Bermanfaat ..!! 😉

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s