Rest Services di Windows Phone

REST (Representational State Transfer) adalah suatu design arsitektur perangkat lunak yang digunakan untuk pendstribusian sistem hipermedia seperti WWW (World Wide Web). – Wikipedia

Rest Service di Windows Phone

Gampannya, REST terdiri dari client dan server. Proses transfer data dimulai ketika client merequest ke server kemudian server memproses permintaan dari client dan merespon balik dengan mengirimkan data yang sesuai dengan permintaan client, dan ini umumnya digunakan dalam pengembangan web service, khususnya dunia mobile.

mobile-services-diagram
mobile-services-diagram

REST Services menjadi popular karena 2 alasan berikut:

  • Basenya mengunakan protokol HTTP dan pengoperasiannya menggunaan standar HTTP Command seperti (POST, PUT, GET).
  • Data kembalianya menggunakan standar bahasa data seperti XML dan JSON.

Untuk lebih detail tentang apa itu REST dapat melihat video berikut:

Hampir semua platform native telah support dengan teknologi ini, salah satunya yaitu Windows Phone. Dengan mengunakan Class HttpClient kita sudah bisa memanfaatkannya dan selanjutnya memanggil fungsinya agar bisa berinteraksi dengan menggunakan funsi GetStringAsync() hingga akhirnya mendapatkan respon berupa XML / JSON.

Data kembalian yang ada tentunya memiliki kategori tertentu, contohnya komplex atau tidaknya sebuah data keluaran. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita harus menggunakan class DataContractSerializer atau DataContractJsonSerializer. Berikut contohnya:

Kita asumsikan data kembalianya seperti berikut:

Dengan bantuan class DataContractJsonSerializer, kita bisa membuat data keluaran JSON tadi kedalam bentuk list dari object Person. Jadi, nantiny kita akan membuat model class yang menggungakan attribut [Data Member]. Tujuannya adalah untuk mengimplementasikan class serializer yang telah dijelaska sebelumnya. Model class yang nantinya akan digunakan menjadi seperti berikut:

Setelah kita mengetahui seluk beluk tentang Rest Service, alangkah baiknya jika mencoba mengimplementasikannya dalam bentuk aplikasi. Berikut postingan yang membahas tentang bagaimana memanfaatkan REST Service pada sebuah aplikasi.

Semoga bermanfaat. 😉

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s