Bagaimana Cortana bekerja ?

Iseng pagi hari dan penasaran dengan teknologi yang di gunakan Cortana, dan bagaimana cara dia bekerja. Saya coba melakukan pencarian kecil tentang Cortana. Mulai dari apa saja fitur yang di berikan cortana, dan sampai dimana batas Cortana dapat membantu penggunanya.

Ok, dimulai dari beberapa report dari Microsoft tentang Cortana. Microsoft telah memperkenalkan Cortana sebagai jawaban untuk Siri Apple dan Google Now. Fitur yang yang diunggulkan Microsoft adalah sebagai “asisten pribadi digital yang benar – benar pertama didunia” dan tentunya teknologi ini sudah ada di OS Windows Phone 8.1.

Cortana
Cortana

Didukung oleh Bing, Cortana merupakan assiten digital yang dapat mengetahui penggunanya, dan Cortana akan lebih baik lagi dari waktu ke waktu jika Cortana sering digunakan dan diajukan pertanyaan – pertanyaan berdasarkan perilaku penggunanya. Dia mendeteksi dan memonitor hal – hal yang terkait dengan Anda, dan dapat menyaring suara agar fokus kepada Anda. Cortana sendiri dinamai dari karakter permainan pada Game Halo, suaranya hampir sama dengan siri, dan disi beberapa komedi menyenangkan dalam percakapan. Seperti halnya yang di tanyakan oleh Belfiore : Seperti apakah Anda ? Cortana menjawab : “Terkadang menyerupai hula hoop, donat, dan lingkaran”.

Cortana juga meyakinkan penggunanya agar menyerupai asisten di dunia nyata. Cortana juga dapat melakukan management terhadapat tugas – tugas penggunanya seperti memesan reservasi restoran, setiap task, ataupun meeting yang di jadwalan sebelumnya.

Source : http://www.digitaltrends.com/mobile/cortana-guide/

Teknis

Cortana akan tampil pada layar awal telepon pada live tile dan juga dapat diaktifkan dengan menekan tombol Search. Saat pertama kali Anda menggunakan Cortana, dia akan mencoba mengumpulkan informasi tentang Anda, seperti nama, hobi dan lain – lain. Dari informasi ini, dan jumlah account online pribadi yang Anda izinkan untuk mengakses, semua nya akan di tata oleh cortana terkait kegiatan Anda sehari seperti penerbangan, konfirmasi email, lalu lintas, dan perjalanan.

Setelah Cortana belajar dari informasi yang Anda berikan, dia akan melakukan preferensi terhadap OS dengan panggilan “notebook”. Notebook pada Cortana dapat dibagi dari “kepentingan”, “ingatkan saya”, “tentang jam”, “lingkaran”, dan lain – lain. Misalnya Anda menempatkan Ibu Anda dalam inner circle sehingga memungkinkan untuk Dia telepon kapan saja. Dan Cortana juga dapat mengatur ke mode jam tenang, misal Anda ingin menyembunyikan masalah hidup di hari Selasa dari jam 9 -10 malam, Cortana akan menutup semua panggilan dan teks, dan kecuali panggilan Ibu Anda.

Yang membuat Cortana terlihat kian menarik adalah kemampuan untuk memahami bahasa alami. Tidak perlu menyampaikan pertanyaan yang kaku seperti “temukan restoran terdekat” dan lain lain. Untuk lebih jelas tentang Cortana dan cara penggunaanya dapat kunjungi disini.

Interaksi

Cortana berinterkasi dengan aplikasi pihak ketiga, kemampuan yang sebagian besar tidak dimiliki oleh Siri Apple. Selama proses pembangunan Cortana Belfiore menunjukkan ini dengan menggunakan Cortana untuk membuka sebuah halamn Facebook, menempatkan panggilan melalui Skype dan menambahkan acara ke antrian Hulu Plus nya.

Dari sisi Developer tentu hal ini menarik, karena aplikasinya dapat berinteraksi dengan Cortana dan tentunya ini sangat menarik, misalnya seorang Developer lokal di contohkan di bandung  membuat aplikasi petunjuk tempat makan untuk  terdekat, diskon dan banyak reviewnya. Tentunya Cortana akan mengambil data dari aplikasi dan menyampaikannya kepada pengguna dimana tempat makan terdekat. Saya yakin teknologi ini akan semakin berkembang kedepannya.

Oya buat yang penasaran bagaimana persaiangan Cortana dan Siri cek videonya disini:

 

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s