Aplikasi sederhana menggunakan Loopback API di Windows Phone

Di sharing kali ini ceritanya baru mengenal apa itu API, dan bagaimana memanfaatkannya pada sebuah aplikasi mobile. Untuk Web Service pertama yang saya gunakan adalah Loopback dari StrongLoop, API ini menggunakan NodeJS. Web Service ini usulan dari seorang teman dan juga mentor saya. Saya coba mengimplementasikannya pada sebuah aplikasi sederhana di windows phone, yaitu aplikasi mahasiswa.

Cover

Untuk sharing kali ini, kita akan membahas tentang bagimana menambahkan, mengupdate dan menghapus data dari client apps atau dari aplikasi windows phone ke web service. Untuk penjelasan web service atau bagaimana cara kerja web service dapat di cek disini. Di API ini data keluarannya berupa JSON, dan untuk bisa mengakses JSON dari API kita akan membutuhkan library Web API (Microsoft.AspNet.WebApi.Client) sebagai media akses dari Aplikasi Client (Windows Phone) ke web service.

Anda bisa menggunakan web service lain seperti ASP.NET Web API, CodeIgniter dsb, karena cara kerjanya hampir sama tiap API, tinggal mengikuti dokumentasi API.

Sebelum memulai project pastikan Anda telah menginstal Visual Studio dan Windows Phone SDK. Ok, saya asumsikan semua tool untuk memulai windows phone development telah terinstal. Screenshot Web Service yang saya gunakan :

Loop

Dalam kondisi ini saya telah membuat table data untuk berita sebagai tempat pemyimpanan data JSON nantinya. Keyword aplikasi ini adalah penggunaan http client sebagai penghubung antara client apps dengan web service. Jadi gampangnya bagaimana http client bekerja adalah sebagai berikut :

HttpClient adalah bagian dari Framework 4.5 dan Windows Store Apps yang menyediakan kepada para developer cara yang sangat mudah untuk terhubung dengan layanan di internet termasuk layanan berbasis REST. Bahkan, metode HttpClient cara kerjanya sama dengan protokol HTTP yang digunakan untuk berkomunikasi seperti GET / PUT / POST / DELETE.

Berikut beberapa resource yang saya dapat terkait hal ini. Dalam rangka untuk mendapatkan beberapa konten dari server web http://www.contoso.com kita dapat menulis code sederhana seperti berikut :

HttpClient httpClient = new HttpClient();
string responseBodyAsText = await httpClient.GetStringAsync(“www.contoso.com”);

Kita akan coba membuat aplikasi sederhana untuk menampilkan, menambahkan, mengupdate, dan mendelete data mahasiswa dari aplikasi di windows phone. Ini cara sederhana bagaimana melakukan parsing json di windows phone. Untuk langkah pertama kita akan coba menampilkan data yang ada di web service ke dalam aplikasi ini :

  1. Buat new project, dan pilih blank app. Untuk aplikasi ini saya beri nama mahasiswa, dan target OS yang di gunakan adalah windows phone 8.0

    1
    New Project
  2. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kita memerlukan library tambahan untuk aplikasi. Anda dapat menginstalnya pada Nuget Package, dari cari library dengan nama Microsoft.AspNet.WebApi.Client dan lakukan instalasi.

    2
    Menambahkan Nuget Packages
    3
    Instal Library

    4
    Cek Library
  3. Selanjutnya buat folder ViewModels pada project new class dengan nama MahasiswaModel.cs.

    1
    MahasiswaModel.cs
  4. Setelah semunya terinstal, selanjutnya kita akan menggunakan method get untuk menampilkan data json di tutorial Get json data di Windows Phone.

 

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s