Get Json data di Windows Phone

Di sharing kali ini adalah membahas mengenai parsing json di Windows Phone menggunakan method get. Dan untuk mengimplementasikannnya, kita akan membuat aplikasi sederhana untuk menampilkan data mahasiswa dalam bentuk json ke aplikasi Windows Phone dengan HttpClient.

Dalam hal ini kita akan membutuhkan library Microsoft ASP.NET Web API 2.1 Client Library, yang bisa didapatkan pada NuGet package. Untuk lebih jelas tentang cara instalasi dapat mengujungi post saya sebelumnya di Aplikasi sederhana menggunakan loopback API di Windows Phone.

Untuk memulainya saya asumsikan bahwa Anda telah menginstal Visual Studio dan Windows Phone SDK.

Get Json data di Windows Phone
Get Json data di Windows Phone

Kondisi: Dalam hal ini saya menggunakan API Loopback untuk mengambil data json dengan struktur json seperti berikut:

Oke, kita mulai saja pada pembuatan project pertama, disini saya memberi nama projectnya mahasiswa dan berjalan diatas OS Windows Phone 8. Selanjutnya bisa mengikuti tutorial berikut:

  1. Setelah project dibuat, selanjutnya kita membuat model class dari json diatas atau bisa dengan bantuan website json2csharp.com
  2. Buat new folder pada project mahasiswa, dan beri nama Models

    /ViewModels/MahasiswModel.cs
  3. Selanjut buat class baru pada folder Models tersebut, disini saya beri nama classnya dengan nama MahasiswaModel.cs dengan struktur class didalamnya seperti berikut:
  4. Selanjutnya kita membuat fungsi untuk menampilkan data json pada file MainPage.xaml.cs seperti berikut:
  5. Setelah fungsi dibuat, selanjutnya kita tampilkan data json yang sudah dibuat kedalam bentu interface di file MainPage.xaml. Disini saya ingin menampilkan data Nama, Id, Alamat dan Jurusan seperti berikut:
  6. Setelah semua selesai, data akan berhasil ditampilkan seperti berikut:

    Screenshot
    Screenshot

Nah seperti itulah contoh pemanfaat method get dalam parsing json data di Windows Phone. Sebenarnya ada banyak explorasi yang bisa dilakukan dalam penggunaan method get ini, tidak hanya menampilkan data, kita bisa mengakses seluruh infromasi yang kita inginkan pada sebuah data yang formatnya json.

Tentunya ini akan sangat bermanfaat saat ingin menggunakan sebuah API untuk membuat sebuah aplikasi. Semoga bermanfaat… 🙂

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s