Mengoptimalkan penggunaan browser

Website_Optimization-512

Postingan ini saya ambil dari masalah umum terkait browser dan rata2 browser modren seperti (Chrome, Firefox, Safari, IE, & Opera) membutuhkan space RAM yang lumayan besar pada setiap penggunaanya. Disini saya tidak akan membahas browser mana yang terbaik, tapi bagaimana mengoptimalkan penggunaan browser. Kita akan mulai dari Cache pada browser, penggunaan memory pada setiap tab yang kita buka, dan efek penggunaan plugin Adblock (menghilangkan iklan pada website) pada browser.

aE1moVK_460sv

Sebelumnya di review dulu apa itu Cache browser, Cache kadang-kadang juga disebut sebagai folder file sementara Internet, berisi file dari situs web yang Anda kunjungi. Semua web browser modern menjaga file cache untuk satu alasan penting, tujuan nya adalah untuk menampilkan halaman web lebih cepat di waktu berikutnya apabila Anda membuka lagi situs-situs web tersebut. Alasan nya karena file halaman web bukan diambil dari server web online tetapi diambil dari cache browser (di komputer Anda) sehingga halaman web dapat tampil lebih cepat. Tergantung pada browser dan sistem operasi komputer anda, biasanya hard disk dan RAM digunakan untuk menyimpan file cache.

Nah sedikit penasaran tentang penggunaan cache dan cookies di browser, soalnya dari data yang saya temukan fitur browser ini lumayan besar menyedot space pada RAM saat statup browser. Bayangkan semakin banyak website yang pernah Anda buka, maka akan sangat banyak cache yang di simpan. Berikut grafik penggunaan memory tiap browser :

memuse
Memory Usage

Fitur ini punya sisi positif dan negatifnya. Untuk positifnya, setiap load website yang pernah kita buka sebelumnya akan lebih cepat karena sudah ada cache yang tersimpan. Berikut grafik load time pada browser dengan cachenya :

browsingbench
browsing bench

Sedangkan negatifnya, penggunaan RAM akan semakin besar, untuk itu kita sebagai pengguna browser harus bisa mengontrol cache pada browser yang kita gunakan agar tidak over cache. Anda bisa menghapus cache pada browser secara berkala (misalnya sekali seminggu) atau menggunakan beberapa program utility seperi CCleaner. Untuk lebih detailnya tentang survey browser bisa di cek disini.

Saya coba cari beberapa artikel yang membahas hal ini, dan ternyata SCOTT HANSELMAN juga membahasnya di websitenya. Dia menguji penggunaan memory pada browser chrome dan firefox dengan beberapa tab yang sering dia buka. Plugin menjadi kata kunci kenapa penggunaan memory di browsernya menjadi sangat besar. Untuk lebih detailnya bisa cek disini.

Ok, setelah mengetahui cache, browser memory usage, dan plugin, setidaknya kita sudah tau bagaimana mengontrolnya pada browser kita agar lebih optimal. Nah satu lagi yang menurut saya sangat membantu optimalisasi pada browser yaitu penggunaan plugin adblock pada browser. Saya sudah pernah share salah satu adblock yang saya rekomendasikan, bisa di lihat disini. Penggunaan adblock bukannya hanya menghemat quota bagi pengguna internet berquota, tetapi juga menghemat load page pada website dan penggunaan memory.

Bayangkan, pada sebuah website yang isinya hanya beberapa postingan berupa tulisan, tetapi dikelilingi oleh banyak iklan berupa flash/video dsb. Hal ini sangat menggangu dan tentunya mengurangi performa browser. Mungkin dengan review ini dapat membantu kita untuk menjadi user yang lebih cerdas dalam penggunaan teknologi browser, walapun pada review tetap masih ada kekurangan.

Semoga bermanfaat.

Iklan

2 pemikiran pada “Mengoptimalkan penggunaan browser

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s