Membuat Web Service dengan PHP Laravel

Melanjutkan pembahasan tentang laravel di postingan sebelumnya, kali ini saya coba sharing tentang bagaimana membuat web service sederhana menggunakan framework laravel ini. Untuk tool dan sistem yang saya gunakan adalah:

0e4665fda97180cc509a725e479481a4_large

Berikut tutorialnya :

  1. Saya asumsikan bahwa Composer, Laravel dan XAMPP telah terinstal pada sistem Anda. Selanjutnya adalah membuat project baru pada localhost dengan cara menambahkan folder project. Disini saya memberi nama project mahasiswa.

    1
    Folder Mahasiswa
  2. Selanjutya instalasi Laravel ke folder project. Gunakan CMD, dan pindahkan lokasi folder default menjadi seperti gambar berikut dan enter. Catatan : sesuaikan dengan lokasi folder instalasi httdoc xampp. Tunggu proses intalasi selesai.

    2
    instal laravel di new project

    3
    instal di project berhasil
  3. Selanjutnya kita buat databasenya. Disini saya memberi nama database dengan mahasiswa, dan tabel data dengan 5 coloumn : ID_DATA(Auto Increment) Nim, Nama, Jurusan, dan Alamat. Dan ID_DATA sebagai primary key nya.

    5
    database field
  4. Selanjutnya kita membuat model dan controllernya. Disini saya menggunaka sublime sebagai editornya, lalu save dengan nama file mahasiswa.php di folder C:\xampp\htdocs\mahasiswa\laravel\app\models Berikut Model mahasiswa :

    6
    data.php
  5. Next membuat controllernya, buat file dengan nama mahasiswaController.php lalu simpan di folder C:\xampp\htdocs\mahasiswa\laravel\app\controllers Berikut controllernya :

    7
    mahasiswaController.php
  6. Selanjutnya, untuk bisa di akses oleh laravelnya, kita harus membuat route akses dengan menambahkan syntak di bawah pada file route di folder C:\xampp\htdocs\mahasiswa\laravel\app .

    8
    route
  7. Setelah semua di buat, kita bisa mengetesnya dengan input data melalui Postman seperti dibawah.

    10
    testing dengan postman
    11
    hasil


Iklan

8 pemikiran pada “Membuat Web Service dengan PHP Laravel

  1. mas mau tanya yang bener itu mahasiswa.php atau data.php , datacontrol.php atau mahasiswaController.php . kalo boleh minta source code nya dong mas . terimakasih 🙂

    Suka

  2. halo gan wira. saya harap bisa respon dengan cepat untuk beberapa pertanyaan:

    1. Apakah ada ke khususan dalam kodingan pada model dan controller yg agan wira buat, berdasarkan kebutuhan dari table yang agan buat? atau kita tinggal mengikuti kodinganya saja? karena ada beberapa kodingan yg saya kurang faham fungsinya
    2. juga buat nama file yang agan buat sepertinya tidak sinkron antara gambar dan deskripsi. apakah pengaruh terhadap kodingan (yg mungkin memanggil nama file yang dibuat)

    sekian, thanks for share!

    Suka

    1. Terima kasih telah berkunjung,
      Tampilan yang dimaksud yang mana ya?

      FYI, untuk tutorial kali ini targetnya bukanlah pada tampilannya, tapi lebih kepada output dari service yang telah di buat untuk siap digunakan.

      Suka

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s