Apa itu Universal Windows Apps ?

Hai all, di sharing kali ini kita akan membahas Universal Windows Apps, mulai dari pengertian Universal Windows Apps, bagaimana Universal Apps bekerja, dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi di Universal Windows Apps. Tapi sebelumnya alangkah lebih baik untuk melihat diagram berikut:

Universal Windows Apps Diagram
Universal Windows Apps Diagram

Ok, buat pembaca yang backgroundnya bukan teknik jgn langsung pusing dulu :D, jadi gampangnya universal apps itu adalah aplikasi yang dapat berjalan disemua platform Microsoft entah itu Desktop, Tablet atau Phone dan di satu Store. Setelah melihat diagram diatas, paling tidak kita sudah sedikit paham apa itu Universal Windows App, dan kenapa dinamakan universal app.

Nah ada satu lagi yang unik menurut saya dengan teknologi ini, jadi misalnya kita membeli salah satu aplikasi di Windows Store kita gak perlu membeli lagi aplikasi yang sama pada perangkat mobile seperti di Windows Phone store. Seperti slogannya, “buy once, use anywhere” :D.

Buy once, use anywhere
Buy once, use anywhere

Saat ini di Windows Store dan Windows Phone store sudah ada aplikasi yang mengimplementasikan teknologi ini, aplikasi Universal Windows Apps di tandai dengan Icon desktop dan mobile seperti ini.

Universal icon
Universal icon

 

Teknis

Ok, seperti itulah gambaran dari Universal Windows Apps, nah sekarang kita bicara sedikit lebih teknis. Menurut saya ini merupakan sesuatu yang harus dicoba dan diimplementasikan, karena dengan kita membuat satu aplikasi, aplikasi kita dapat berjalan di semua platform. Tentunya ini akan sangat bagus untuk mendapatkan feedback seperti download dan review karena semua pengguna windows dapat menggunakan aplikasi yang kita buat.

Jadi bagi para developer yang ingin mengembangkannya, bisa membaca lebih detail tentang bagaimana cara membuat aplikasi di Universal Windows Apps di Building Universal Windows Apps. Oya satu lagi, buat developer yang basicnya di luar c# tetap tenang, karena Universal Windows Apps juga support programming language lain seperti C ++, JavaScript, XAML, DirectX, dan HTML.

Tool yang digunakan untuk development :

Referensi :

Note : Buat developer yang pernah membuat aplikasi di Windows 8 Store atau di Windows Phone store dapat mengupdate aplikasinya menjadi Universal Windows Apps dengan cara Migrating Apps.

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s