Membuat aplikasi alarm di Windows Store

Alarm Toast
Alarm Toast

Sharing kali ini akan membahas bagaimana membuat aplikasi alarm sederhana di Windows 8 atau Windows Store. Singkatnya aplikasi alarm berfungsi untuk memberi pemberitahuan terjadwal untuk suatu kegiatan. Pemberitahuan alarm ini berbentu toast notifikasi. Disini kita juga akan membahas seperti apa toast notfikasi dan library apa saja yang dibutuhkan untuk pendukung pembuatan aplikasi ini.

Ok, jadi toast itu adalah sebuah UI pop-up yang muncul pada layar kita ketika kita juga mengakses aplikasi lain. Dengan popup ini kita bisa berinteraksi untuk mensnooze atau dismiss. Toast ini bekerja melalui background task scheduler, untuk lebih jelas tentang bagaimana toast mengirim notfikasi bisa dicek di sini http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/apps/xaml/hh868254.aspx.

Nah disini kita akan menggunakan toast ini untuk membuat aplikasi alarm, kita akan menambahkan 2 fitur pada toast, yaitu fitur mengabaikan pemberitahuan alarm dan yang kedua adalah menunda alarm. Sebelumnya kita membuat interface toastnya menggunakan XAML seperti berikut :

Jadi di toast XAML itu terdapat 3 komponen, yaitu :

  1. Visual
    yang mengandung aspek pemberitahuan visual, kita juga bisa memilih 8 template yang berbeda yang dapat kita lihat di halaman ini http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/apps/hh761494.aspx.
  2. Audio
    menggambarkan suara yang akan diputar selama pemberitahuan. Kita juga bisa memilih suara lain yang ada pada default system yang tercantum dalam halaman ini: http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/apps/br230842.aspx
  3. Commands
    ini adalah bagian yang paling penting untuk menentukan Scenario (dalam hal ini “alarm”) agar perintah diaktifkan. Seperti perintah ditunda atau diabaikan. Lebih detail tentang komponen yang ada pada toast cek disini: http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/apps/xaml/br230849.aspx.

Nah, setelah infterface alarm selesai, selanjutanya kita membuat system schedulenya dengan perintah berkut :

Ok, untuk lebih detail tentang toast schedule bisa di cek disini: http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/apps/xaml/Hh868224(v=win.10).aspx. Setelah interface dan fungsi selesai dibuat, jangan lupa untuk checklist kapabilitasi toast pada Package.appxmanifest, karena ini untuk mengizinkan aplikasi kita menggunakan toast pada system.

Toast Capabilities
Toast Capabilities

Setelah semua selesai maka hasil toastnya akan seperti ini :

Alarm Toast
Alarm Toast

Nah kalau kita pengen mengkondiskan alarmnya menjadi pengingat setiap hari, bisa menggunakan kondisi berikut :

Semoga bermanfaat.. 🙂

 

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s