Tentang Flat UI Design

Dilihat dari pengertiannya “Flat User Interface Design is a minimalist UI Design Genre, or design language, currently used in various graphical user interfaces (such as Web sites or Web applications).” – Wikipedia

Gampangnya, definisi Flat UI Design adalah tampilan minimalis dengan bahasa desain yang menghilangkan pengguanan efek 3D seperti bayangan, gradients, textures, dan sejenisnya yang membuat design menjadi tiga dimensi, jadi Flat UI design ini nantinya akan terlihat 2 dimensi dengan warna yang flat juga.

Designer di era saat ini lebih tertarik terhadap design yang minimalis dan modren yang memfokuskan pada hal yang paling penting, yaitu isi dan konten. Dengan menghilangkan design 3D tersebut ini akan membuat design terlihat fresh dan mempengaruhi peforma sehingga akan lebih cepat di akses.

Dari MANA asal mula flat design ?

Web dan desain yang ada saat ini tentunya memiliki asal usul. Nah, untuk flat design ini sendiri berasal dari Swiss Design Style.

Swiss Design

Swiss Design atau kadang-kadang disebut International tipografi Style adalah periode desain utama yang muncul dan layak mendapatkan perhatian dalam setiap pembahasan sejarah flat design. Swiss design adalah gaya desain dominan yang ada disepanjang tahun 1940-an dan 1950-an yang berasal dari Swiss.

Swiss Design difokuskan pada penggunaan grid, sans-serif typography, dan juga tata letak konten yang bersih. Selama periode 40-an dan 50-an, Swiss Design sering termasuk kombinasi foto yang sangat besar dan sederhana dengan minim tipografi.

49_swiss04
Minimal

Dengan tipografi menjadi elemen utama dalam Swiss Design, sama seperti bagaimana Design Flat pada website hari ini sebelum Microsoft dan Apple membuatnya populer, Swiss Design dapat ditelusuri pada tahun 1920-an di Jerman.

But, Life is never Flat 😀

Berikut video singkat tentang Flat UI Design:

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s