Menjadi Android Developer

Seperti kita tahu bahwa Android mengalahkan semua pesaing mobile OS yang ada, dan hal itu tidak bisa dipungkiri. Saya juga kurang tau alasan lebih detail kenapa Android unggul untuk pasar Indonesia karena belum nemu referensi tentang penelitian terkait hal ini. Tapi alasan rasional yang bisa diterima adalah karena Android itu ditargetin untuk low-end-user. 

Bahkan saya juga nemu di salah satu curhatan developer iOS tentang banyaknya developer Android di Indonesia yang bisa di lihat disini.

Android, Android, dan Android … Sepertinya ini sudah ada di mana-mana, mulai dari smartphone, jam tangan, tablet, TV dan Android semakin lama semakin stabil di setiap rilis versi terbarunya dan dengan banyaknya bahan belajar yang tersedia. Dan sepertinya ini adalah waktu yang tepat untuk mulai belajar bagaimana untuk menjadi Android Developer.

Bahkan tidak jarang developer Android meraup banyak keuntungan dari aplikasi yang dikembangkannya, seperti yang ada di review tekno jurnal ini. Dan berikut saya share video tentang bagaimana company yang sudah lama berkecimpung di android bercerita tentang development di android.

Nah gimana, tertarik ? Untuk memulainya tips berikut mungkin dapat membantu.. Saya sangat menyarankan Anda untuk mengikuti pelatihan yang disediakan oleh Udacity Course. Soalnya didalamnya diterangkan semua penjelasan mengenai bagaimana mengembangkan aplikasi di Android dari pemula sampai mahir. Buat akun di website Udacity ini, lalu ikuti course berikut:


Mengetahui tools yang dibutuhkan, proses dan bahasa pemrogramannya.

BAHASA

Membaca buku tentang Java, yang merupakan bahasa pemrograman utama untuk mengembangkan aplikasi Android. Rekomendasi  Effective Java. Oya, kursus dari Udacity juga akan sangat membantu bagi Anda yang baru memulai pengembangan Android dari dasar.

Tools

  • Gradle – Penting untuk mengetahui dalam pembangun sistem dan kemampuannya.
  • Git – Letakkan code Anda di cloud, di mana pun Anda berada. Untuk mempelajari dasar-dasarnya bisa di sini.
  • Android Studio (sangat disarankan) atau Eclipse

PROSES

Meskipun menjadi seorang developer terdengar mengagumkan, tapi perlu diketahui bahwa menjadi seorang developer, semuanya bukan tentang code. 

Karena seorang Dev juga harus memperhatikan desain detail (UI / UX) yang akan membuat Anda seorang developer yang lebih baik secara keseluruhan, karena Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari proses pengembangan produk secara keseluruhan.

Menjadi lebih kreatif merupakan hal penting untuk untuk membangun aplikasi yang keren. Berikut referensi yang bisa menjadi acuan:

Bahkan 3 tahun belakangan Android selalu memuncaki tahta platform terpopuler di dunia, so tunggu apalagi.

Statistik di tahun 2013
Statistik di tahun 2013 by http://www.statista.com/chartoftheday/

Mmm,, selain itu saya juga berbagi nih beberapa komunitas developer  Android yang harus dipantau terus. Dengan cara terhubung ke akun Twitter mereka, maka akan sangat mudah memantau perkembangan teknologi Android:

Dan berikut website popular yang bisa menjadi pedoman untuk memulai pengembangan:

  1. Vogella – Sebuah artikel lengkap tentang Android. Terstruktur dengan baik. Catatan: menggunakan Eclipse.
  2. Samples – Pelajari cara mengimpor proyek di Android Studio, men-settingnya dengan benar dan bermain-main rangka untuk mencoba platform.
  3. Layouts – belajar bagaimana bekerja dengan layout di aplikasi
  4. Lifecycle – Activity & Fragments
  5. Android talks – mengenai tips dan trik di Android.

Kesimpulan:

Belajar untuk menjadi pengembang merupakan proses yang tidak hanya melibatkan pemrograman. Ini tentang bagaimana kita menemukan sebuah informasi yang tepat, mengoptimalkannya, menerapkan pengetahuan tersebut, menulis code, mencoba pendekatan yang berbeda, membuat kesalahan hingga akhirnya belajar dari kesalahan itu. Dengan demikian, kita akan mendapatkan pengalaman setiap waktu dan pekerjaan.

Semoga bermanfaat!

Iklan

Satu pemikiran pada “Menjadi Android Developer

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s