Build Universal Windows Apps

Hai all, jika di postingan sebelumnya kita membahas tentang teknologi shared code Universal Windows apps, di postingan kali ini kita akan membahas lebih detail tentang code sharing dan code yang digunakan pada masing-masing platform juga tips untuk men-sharing XAML.

Universal Windows Apps Dev Part 1

Code Sharing

Ada beberapa teknik code sharing di pemograman, yaitu Linked Files, Shared Project, dan .NET PCLS.

Shared Code
Shared Code

Teknik linked files tidak efisien digunakan karena menggunakan shortcut file di project yang berbeda, dan Shared Project menggunakan 1 file yang sama yang digunakan di platform berbeda, dan terakhir .NET PCLs menggunakan portable class sebagai media sharingnya, atau dinamakan sharing binaries sehingga belum efsien digunakan pada aplikasi tertentu.

Mana yang kita butuhkan ? Nah untuk pengembangan aplikasi di Universal Windows Apps, Shared Code adalah pilihan terbaik. Karena selain mudah digunakan, juga base teknik sharing yang digunakan MSBuild.

 

Platform Spesific Code

Ini merupakan penjelasan tentang beberapa code yang hanya dapat berjalan pada platform tertentu saja, contohnya code A hanya bisa digunakan di Windows Phone, dan code B hanya bisa di gunakan di Windows. Seperti contoh berikut:

Windows.UI.ViewManagement.StatusBar.GetForCurrentView().

Untuk itu, kita dapat menggunakan kondisi pada project agar aplikasi dapat di jalankan, menjadi seperti berikut:

Code Spesific Windows Phone
Code Spesific Windows Phone

 

Sharing XAML

Saat pengembangan aplikasi di Universal Apps, teknik sharing sangat bagus di gunakan pada code, tapi lain halnya dengan XAML, karena teknik sharing tidak disarankan digunakan. Hal ini karena UI disetiap platform berbeda sehingga harus memiliki file XAML masing-masing.

XAML Strategies
XAML Strategies

Dan juga setelah ditelusuri, ada kelemahan pada strategi pengembangan Universal Windows Apps ini, yaitu pada XAML ini. Contohnya, kita harus membuat file Resource sendiri untuk membuat warna yang diinginkan agar dapat digunakan oleh kedua platform (Windows Phone dan Windows).

To be continue, part 2 …

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s