Senja Di Ujung Genteng Dan Segarnya Air Terjun Cikaso

Ujung Genteng adalah daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang masuk dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Sukabumi. Pekerjaan sebagian besar penduduknya adalah nelayan dan petani.

Dengan 6 orang anggota, perjalanan dilakukan dengan touring menggunakan motor dan start perjalan dimulai dari Sarijadi, Bandung. Keberangkatan dimulai pada malam hari sekitar jam 9 menuju Cianjur, kerumah seorang teman untuk menginap agar perjalanan ke Ujung Genteng dilanjutkan di pagi harinya.

Perjalanan Menuju Ujung Genteng
Perjalanan Menuju Ujung Genteng

Perjalanan di mulai jam 07.00 dan sampai di ujung genteng pada jam 13.00 sudah termasuk waktu istirahat. Lokasi :

Pantai Ujung Genteng
Setibanya di Pantai Ujung Genteng

Setelah sampai dilokasi, sejauh mata memandang tampaklah hamparan pasir putih pantai dan air laut yang sangat jernih., lelah selama di perjalan seketika itu juga sirna.

Nama Ujung Genteng berasal dari Ujung Gunting. Penamaan ini didasarkan pada posisi Ujung Genteng yang berada di ujung salah satu sudut pulau di Jawa Barat yang berbentuk gunting. Bagian ujung gunting bawah disebut Ujung Genteng, sedangkan bagian ujung gunting atas berada di Ujung Kulon.
dahulu ujung genteng bukanlah sebuah desa melainkan sebuah daerah/tempat rekreasi pantai… tapi sekarang setelah adannya pemecahan desa, ujung genteng menjadi sebuah desa…. – source

Penakaran penyu merupakan destinasi lainnya yang harus dikunjungi jika kesini. Dari informasi yang didapat dari penduduk setempat, untuk menuju penakaran penyu lumayan jauh, untuk itu mengingat waktu yang semakin sore penakaran penyu lah yang menjadi lokasi pertama yang dikunjungi, agar nantinya saat kembali ke pantainya lagi tidak terlalu malam.

Lokasi Penakaran Penyu
Lokasi Penakaran Penyu

Dan sangat disayangkan, informasi yang didapat dari petugas setempat mengatakan untuk bisa melihat pelepasan penyu adalah di sore hari tepatnya sekitar jam 6 an. Alhasil melihat penakarannya sudah mengobati rasa penasaran. 😀

PlanSekembalinya ke pantai yang tadu, tenda segera kami dirikan tapi karena satu dan lain hal niat untuk camping di tenda di batalkan karena lokasi yang sedikit rawan maling. Akhirnya penginapan menjadi alternatif, walaupun tidak dalam list rencana perjalanan tapi sepertinya ini adalah pilihan terbaik. Kami menginap untuk semalam dan berangkat di pagi harinya untuk destinasi selanjutnya yaitu air terjun cikaso, surade. Waktu sudah menjelang sore, sunset di ujung genteng terlihat begitu tenang dan indah.

Sunset Ujung Genteng
Sunset Ujung Genteng

Pagi telah menjelang, kami pun mempersiapkan keberangkatan menuju air terjun Cikaso, Surade. Lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi pantai. Sesampainya di lokasi kami memilih menggunakan perahu untuk memasuki lokasi air terjunnya, sedangkan pilihan lainnya dapat dilakukan dengan jalan kaki.

Perahu Curug Cikaso

Sungai dengan air yang hijau terlihat begitu natural dan alami, angin yang sepoi-sepoi menambah kenikmatan selama di perahu.

Perjalanan Menuju Curug Cikaso
Perjalanan Menuju Curug Cikaso
Air Terjun
Air Terjun

Setelah beberapa menit mengarungi sungai, akhirnya air terjun 3 in 1 cikaso terlihat juga. Air jernihnya membuat rasa ingin terjun semakin kuat. Pecaaaahhh….

Cihuy ..
Cihuy ..
Curug Cikaso
Curug Cikaso
Air Terjun 3 in 1 Cikaso
Air Terjun 3 in 1 Cikaso
Bersama di Curug Cikaso
Bersama di Curug Cikaso

Waktu sudah menunjukkan pukul 11.00, kami merapat ke mesjid terdekat untuk melaksanakan shalat jum’at dan merupakan akhir perjalan kali ini lalu melanjutkan perjalanan ke Bandung.

Meskipun berat rasanya meniggalkan tempat ini, tapi disetiap pertemuan harusnya ada perpisahan. Semua keindahan alam ini tak akan pernah dilupakan. Indonesia itu kaya akan alamnya, paling tidak beberapanya sudah harus ada dalam daftar tempat yang pernah dikunjungi.

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s