Kajian

Menentukan sebuah topik tugas akhir adalah dilema untuk setiap mahasiswa tingkat akhir saat ini. Dalam menentukannya juga tidak semudah yang pernah terbayangkan sebelumnya. Setiap ide yang muncul harus dilandasi kajian yang matang dan tak terlalu luas, sehingga nantinya bisa diangkat menjadi Research Question.

Kali ini saya membas lebih spesifik terhadap jurusan informatika, di Indonesia terdapat perbedaan metoda tentang tugas akhir ini. Informasi yang saya dapat dari beberapa kampus lain, untuk setiap tugas akhir tidak terlalu terfokus kepada kajian penelitiannya. Hingga “sesuatu itu” bisa  melahirkan sebuah produk (aplikasi) yang benar, itu sudah bisa dijadikan tugas akhir.

Nah, sedangkan di kampus saya saat ini kajian dari “sesuatu itu” lah yang menjadi pokok utama dari sebuah penelitian. Terserah aplikasi yang nantinya dibuat dapat berjalan 100% atau tidaknya yang penting aplikasi sudah dapat membuktikan hipotesa dari kajian dapat terbuktikan atau tidaknya. Bahkan tanpa perlu membuat sebuah aplikasi lagi. (Menggunakan aplikasi yang sudah ada).

Sore ini saya dapat keyword  dari seorang dosen kordinator yang memperkuat penjelasan tentang kajian. Berikut kesimpulan yang saya ambil: “Kajian itu tidak terlalu fokus terhadap sesuatu itu berdampak, tapi bagaimana sesuatu itu bisa berdampak”.

Ya, intinya semua itu tentang proses.

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s