Tentang Project Loon

Sepertinya berita tentang Project Loon melintas di langit Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Empat hari yang lalu (22/3), salah satu balon udara tersebut dikabarkan terlihat di antara Selat Makassar, di antara dua kota besar Makassar dan Banjarmasin [1], seperti informasi yang diberikan pada tweet berikut:

Project Loon terbang di ketinggian 20817 meter dengan kecepatan 48 km per jam. Ini sebenarnya bukan berita baru lagi, pada desember 2014 saja Google telah mengudarakan 75 balon. Berikut rute perjalanan Project Loon:

Flight Path
Flight Path
Loon-mission-control
Loon-mission-control

Melihat hal ini kita akan membahas tentang apa itu Project Loon, bagaimana cara kerja Project Loon dan apa fungsi Project Loon.

World LoonBanyak dari kita berpikir internet sebagai kebutuhan global. Tapi dua-pertiga dari penduduk dunia belum memiliki akses internet. Proyek Loon adalah jaringan balon yang bepergian dan dirancang untuk menghubungkan orang-orang di daerah pedesaan dan terpencil, membantu mengisi kesenjangan cakupan internet, dan membawa orang-orang kembali online setelah terjadinya bencana [2].

wind_currents.0

 

Jadi Apa Fungsinya ?

Dari video diatas, kita bisa melihat latar belakang pengembangan project ini dikarenakan beberapa tahun terakhir pengguna internet terus mengalami peningkatan, dan begitu juga dengan ketergantungan penggunanya. Internet UserBelum lagi kurangnya akses internet bagi pengguna yang jauh dari sumber internet yang umumnya hanya ada di pusat kota [3]. Hingga akhirnya dengan Project Loon yang memberikan layanan akses internet, dan juga data mengenai pengguna internet dunia dapat dilihat pada grafik disamping [4].

 

Jadi, bagaimana cara kerjanya ?

 

Perpindahan Balon
Perpindahan Balon

Proyek Loon balon perjalanan sekitar 20 km di atas permukaan bumi di stratosfer. Angin di stratosfer bertingkat, dan juga memeliki setiap lapisan angin yang bervariasi dalam hal kecepatan dan arah. Proyek Loon menggunakan software algorithms untuk menentukan di mana balon akan dan harus pergi, kemudian bergerak masing-masing ke dalam lapisan angin dan bertiup ke arah yang benar. Dengan bergerak mengikuti angin, balon dapat diatur untuk membentuk satu jaringan komunikasi yang besar.

STRATOSPHERE
STRATOSPHERE

Terletak di ketinggian antara 10 km dan 60 km , stratosfer sesuatu yang unik seperti: tekanan udara 1% dari permukaan laut, dan atmosfer tipis ini dapat menawarkan perlindungan dari radiasi UV dan perubahan suhu yang dramatis, yang dapat mencapai serendah -80 ° C. Dengan hati-hati dalam tahap pengembangan, balon mampu menahan kondisi tersebut. Project Loon mampu memanfaatkan angin stabil stratosfer dan tetap jauh di atas cuaca, satwa liar dan pesawat terbang. – Google Loon

Semoga Bermanfaat ! 😉

Daftar Pustaka

  • [1] https://dailysocial.net/post/project-loon-indonesia
  • [2] http://www.google.com/loon/
  • [3] http://readwrite.com/2013/06/19/a-handy-guide-to-google-project-loon
  • [4] http://www.internetlivestats.com/internet-users/#sources
  • https://plus.google.com/+ProjectLoon/about
Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s