Tren Design Aplikasi Mobile di 2014 – Book Review

Mobile Book Trend 2014
Mobile Book Trend 2014

Kali ini kita akan coba mereview tren design aplikasi mobile setahun silam, tepatnya di tahun 2014 dari buku Mobile Boof Of Trends 2014. Buku ini berisikan tips design dalam pengembangan aplikasi mobile, karena didalam pembahasannya mencangkup Typhography, Flat Design, Gesture, Enterprise Mobile, dan lain-lain. Selain itu didalamnya juga dilengkapi screenshot aplikasi yang mempermudah penjelasan. Berikut point-point yang saya ambil, dimulai dari:

#1. Typhography

Artboard_2

Ada sebuah teori tentang tipografi ini, yaitu sebuah tipografi yang bagus, adalah desain terbaik. Dahulu seorang Web Designer tidak begitu mementingkan tentang sebuah tipografi, tapi sekarang semua berubah. Saat sebuah design memiliki tipografi yang bagus maka design aplikasi itu akan menjadi tren yang sangat luas.

Tipografi yang baik tidak hanya menampilkan sebuah teks, tapi juga mengandung pesan yang dimaksudkan desainer kepada user (bermakna). Ini termasuk bagian terpenting dari  sebuah design secara keseluruhan. Di sisi lain, kurangnya tipografi yang baik menunjukkan seluruh produk terlihat tidak menarik, jika ini saja sudah dirancang jelek, selanjutnya seperti apa..?

 

#2. Flat Design & Simplicity

2013 adalah tahunnya Flat Designbahkan sampai sekarang. Setelah Apple mengeluarkan iOS7, desainer di seluruh dunia mulai mendesainan ulang aplikasi mereka untuk mencari bentuk yang simple dan minimalis.

Tidak heran Desain Flat menjadi pilihan, jika dilakukan dengan benar, hal ini tampak menakjubkan. Kesegaran dan kesederhanaan dari bentuknya yang datar memberi aura ketenangan. Oleh karena itu, Desain Flat menjadi sebuah tren yang semua orang gunakan saat ini. Cahaya, warna, font, dan umumnya UI yang sederhana menjadi tanda-tanda desain flat ini terlihat menarik dan jelas.

 

#3. Gestural Interfaces

Menurut buku ini, diawal era mobile designer setiap desainer  mencoba untuk meniru pola interaksi yang ada pada dunia web / software untuk di implementasikan di mobile, yaitu pola klik. Tetapi cukup mengherankan, karena tidak ada yang bisa mewakili pola klik ini, sehingga menyebabkan tampilan terlihat sangat sederhana. Hingga akhilnya lahirlah yang dinamakan Gestures, jika ini diterapkan dengan benar, bisa membuat interaksi user terhadap aplikasi lebih cepat dan lebih alami. Jadi menurut saya, ini terkait dengan user experience dari aplikasi, hal apa yang membuat pengguna benar-benar tertarik. Ada banyak aplikasi-aplikasi yang telah menerapkannya, seperti Blue, Tinder, Potlcuk dan lain-lain.

 

#4. Circles

Tidak semua tren desain yang ada saat ini terlihat rasional. Tidak semua tren desain yang ada saat ini merupakan sebuah kemajuan. Beberapa tren yang ada hanya muncul tiba-tiba dan kemudian menjadi mode. Salah satunya adalah tren circle. Berdasarkan pengamatan dari buku ini menunjukkan tren ini dimulai dalam desain web pada tahun 2012. Dari hal yang tiba-tiba, itu menjadi mode tersendiri. Hingga pada tahun 2013 desain aplikasi pada ponsel jugaa mengikuti tren. Foursquare, Facebook Messenger, Uber … dan lain-lain menggunakan circle untuk interfacenya.

 

#5. Enterprise Mobile

Saat ini aplikasi enterprise adalah kecenderungan yang kuat untuk pasar teknologi. Setelah bertahun-tahun kebanyakan aplikasi tidak dapat digunakan untuk karyawan bisnis, tapi sekarang dunia teknologi akhirnya menyadari bahwa pengguna aplikasi di perusahaan juga sangat membutuhkannya. Terdapat fakta bahwa saat ini manusia mencintai smartphone dan tablet mereka. Yang lebih penting, adalah aplikasi smartphone dan tablet yang membuat orang yang sangat produktif.

 

#6. Wearable Computers

Setelah melalui tren komputer yang bisa muat diransel dan kantong. Sekarang dengan kedatangan teknologi Google Glass, Smartwatch, Microsoft Band, dll membuat bertambahnya platform untuk media pengembangan. 2014 akan menjadi tahun yang wearable dan pasan yang intinya kita harus mempersiapkan aplikasi kita untuk mencapai semua kalangan pengguna melalui platform yang ada. Ini bertujuan agar aplikasi tidak hanya digunakan oleh kalangan pengguna tertentu saja.

 

#7. Pure Guideliness

Guideliness merupakan sebuah konten yang harus ada di tiap aplikasi, karena ini merupakan petunjuk utama dalam aplikasi. Saat ini bisa dikatakan, bahwa panduan yang ada di iOS 7, Android dan Windows Phone terlihat kaku dan kurang menarik. Untuk kita perlu sedikit meodifikasinya, namun untuk bisa melanggar aturan, kita perlu mengenal prinsip-prinsip yang benar-benar sampai ke akarnya. Percayalah, ini merupakan sebuah alasan yang sangat baik untu menghasilkan daya tarik yang luar biasa.

 

#8. Contextual Awareness

Hal yang paling jelas yang membuat perangkat mobile begitu berbeda dari komputer adalah ukuran mereka dan fakta bahwa kita benar-benar selalu membawanya kemana-mana. Mobile memiliki banyak sensor dan ini adalah apa yang membuat mereka berbeda dari telepon dulunya. Ya Smartphone. Bayangkan berapa banyak situasi dimana kita menggunakan dan membutuhkanna setiap hari. Kita mengendarai mobil, bekerja di kantor, pergi keluar untuk mengambil beberapa makan siang, bertemu dengan teman-teman di malam hari, dan Anda akhirnya pulang  ke rumah untuk tidur. Apakah itu mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan smartphone ? Ya, itu memang, dan benar adanya!

 

#9. Large Images

Saya yakin Anda suka foto. Ingat memiliki potongan-potongan kertas yang warna-warni ? Sekarang digantikan oleh smartphone dan tablet. Smartphone akhirnya terlihat cantik dengan tampilan yang terlihat jelas dan tajam, itu semua tidak lepas dari kualitas gambar yang digunakan sehingga terlihat menarik dan indah dilihat. Kita dapat dengan mudah menemukan contoh gambar dengan ukuran pixel besar seperti Airbnb, Artsy, Fotopedia, Flickr, dsb.

 

#10. Blur

Bersamaan dengan berkembangnya tren gambar besar yang indah, kini datang isu untuk menempatkan teks dan konten lainnya diatas gambar tersebut. Ada beberapa solusi yang ada tetapi salah satunya terlihat sangat tidak cocok karena gambar buram akibat elemen tembus yang digunakan. Untuk itu kita perlu mengatur tingkat blur yang digunakan jika diatasnya di letakkan sebuah teks.

 

#11. Infographic

Jika Anda menggunakan internet setiap hari, Anda mungkin tidak melewatkan gaya infografik beberapa tahun terakhir di web. Ternyata ini juga merupakan solusi yang bagus untuk layar yang lebih kecil seperti aplikasi mobile. Alasannya sederhana, infografik adalah cara yang bagus untuk mewakili informasi bahkan jika itu adalah suatu satu set data yang rumit. Ketika desainer tidak memiliki banyak ruang untuk menempatkan data didalamnya, kita harus membuatnya lebih mudah untuk membaca dan lebih menarik. Pengguna hanya akan ingin menelusuri dan bermain-main dengan hal itu, Alhasil benar-benar menakjubkan. Jadi bermain-main lah dengan infografik!

 

#12. Microinteractions

Notif

Meskipun mereka memiliki “mikro” dalam nama, mereka tidak boleh diabaikan. Padahal ini adalah apa yang membuat aplikasi terlihat berbeda dari aplikasi yang lain, untuk itu kita membutuhkan yang namanya microinteractions. Microinteractions adalah tentang kejelasan dan kegunaan dari aplikasi, ini tentang bagaimana membuat produk agar mudah dimengerti untuk pengguna. Menurut buku Saffer “Microinteractions”, semua itu terdiri dari pemicu, aturan dan feed back. Microinteractions dapat dimanfaatkan untuk membuat pengguna mengubah cara mereka memandang dalam menggunakan aplikasi.

 

#13. Mobile-Powered Customer

Beberapa aplikasi yang paling populer di seluruh platform adalah aplikasi yang tujuannya untuk meningkatkan user experience terhadap kebutuhan user itu sendiri setiap harinya. Dimulai dari user membeli barang-barang, kemudian menjadi pelanggan. Penjualan online menjadi besar dan berkembang pesat, karena penjualan online memberikan solusi yang luar biasa untuk membuat keputusan yang tepat, dalam bertransaksi.

Tahun depan tren seperti apa ? ditunggu saja, hehehe :D.

Semoga Bermanfaat..!! 😉

 


Klik gambar untuk download ebook
Klik gambar untuk download ebook
Iklan

2 pemikiran pada “Tren Design Aplikasi Mobile di 2014 – Book Review

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s