Sekeping Kenangan Tentang Banda Gadang

Kalau ditanya tempat apa yang pernah kamu kunjungi dan ingin kesana lagi? Saya akan jawab “Banda Gadang”, ya tempat ini punya kesan tersendiri. Banda Gadang adalah sebuah pantai yang berada di pesisir selatan agam tepatnya berlokasi di Muaro Batang Tiku, Jorong Banda Gadang, Nagari Tiku Selatan, Sumatera Barat.

Sekeping Kenangan Tentang Banda Gadang

Bagi warga Agam, pantai ini adalah salah satu lokasi wisata alam, kalau dalam Bahasa Indonesia Banda Gadang artinya “kali besar”. Sayangnya tempat ini tidak begitu dirawat sehingga masih banyak terlihat sampah-sampah, tapi untungnya sampahnya merupakan sampah organik. Untuk masuk ketempat ini di saat ada acara pantai biasanya akan dikenakan biaya, dan biasanya akan membayar sekitar Rp.5000, diluar hari itu tempat ini bisa dikunjungi sesuka hati, GRATIS.

Gak tau kenapa tiba-tiba teringat tempat ini, mungkin karena ada banyak kenangan yang ada disini, salah satunya saat reuni dengan teman SMA 2 tahun yang lalu. Saat itu tidak ada yang berubah dari teman-teman SMA, begitu juga dengan pantai ini, masih terlihat sejuk di pandang.

Yang membuat saya begitu kangen dengan tempat ini karena pantainya masih terjaga keasliannya dan belum begitu tercemar polusi atau limbah.

Bersantai di Banda Gadang
Santai Coy..

Ditambah lagi deburan ombak laut, langit yang biru dan angin yang sepoi-sepoi membuat lengkap suasana. Hangatnya pasir putih yang membentang dan juga saat matahari terbenam adalah sebuah pemandangan yang luar biasa dan menakjubkan, sangat sayang bila dilewatkan.

Biasanya ada sebuah atraksi atau pertunjukan dari nelayan setempat yang di sebut dengan “pukek“. Kegitan ini dilakukan oleh sekelompok nelayan yang “maelo” atau menarik tali pukek dari pinggir laut. Maelo PukekDibutuhkan kerjasama dan kekompakan dalam menarik tali ini sehingga akan menghasilkan tarikan sempurna yang menjadikan ikan tangkapan maksimal. Dan yang bikin keren lagi, hasil yang diperoleh oleh para nelayan ini dapat kita beli langsung dan tentunya harganya lebih murah dari pasaran serta kondisi ikan pun dijamin segar. 😀

Melihat kenagan lewat foto-foto dulu sungguh menenangkan, salah satunya sunset banda gadang ini. Dari warna langit yang biru menjadi memerah karena sinarnya.

Image1316
Sunset Banda Gadang

 

Iklan

6 pemikiran pada “Sekeping Kenangan Tentang Banda Gadang

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s