Sensor Yang Ada di Windows Phone

Mungkin ada yang penarasaran, bagiamana sih sebenarnya teknologi sensor yang ada di mobile bisa mendeteksi lokasi keberadaan kita ? Bahkan bisa melihat pergerakan kita. Nah dipostingan ini kita akan membahas tentang sensor yang ada di windows phone, seperti sensor  perpindahan atau yang disebut dengan “Movement Sensor”. Kita akan mulai dari definisi apa itu Movement Sensor, bagimana Movement Sensor bekerja pada teknologi mobile, lalu apakah fungsi Movement Sensor itu sendiri bagi banyak aplikasi saat ini.

Sensor Windows Phone

Sensor

Di Windows Phone ada banyak sensor yang bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi, seperti accelerometer, gyroscope, dan compass. Nah untuk memanfaatkan semua sensor itu  di Windows Runtime pada api harus menggunakan Windows.Device.Sensors. Berikut beberapa sensor yang bisa digunakan di Windows Phone:

  • Class Accelerometer bisa digunakan untuk berinteraksi dengan accelerometer pada device.
  • Class Gyrometer bisa digunakan untuk berinteraksi dengan gyroscope.
  • Class Compass bisa digunakan untuk berinteraksi dengna kompas.
  • OrietationSensor merupakan class yang special karena dengan class ini kita bisa menggabungkan semua sensor yang ada.

Note : Untuk mengaktifkan sensor yang ada, kita harus mengaktifkan sensor melalui file manifest pada project, dengan mencentang mana sensor yang akan digunakan.

Semua sensor yang ada sebenarnya cara kerjanya sama. Hanya dengan memanggil method yang dibutuhkan untuk sensor, sensor tersebut sudah bisa digunakan. Contohhnya geolocation services, untuk bisa berinteraksi dengan sensor ini, kita hanya perlu dua method yaitu method GetCurrentReading() dan yang kedua ReadingChanged yang memberitahu setiap ada perbuhan posisi. Berikut contoh code sensor dari class OrientationSensor:

Code

Nah, jika kamu menggunakan simlutor untuk mempraktekannya ada catatan yang perlu kamu tahu. Simulator Windows Phone memiliki batasan untuk bisa menggunakan sensor, simulator hanya bisa mensimulasikan aplikasi yang menggunakan sensor accelerometer dan Oreientation. Jadi sensor yang lain hanya bisa di cobakan pada device langsung.

Semoga Bermanfaat..!! 😉

 

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s