Menggunakan Data Kontak di Windows Phone

Untuk melengkapi seri tutorial pengembangan aplikasi windows phone dari dasar, di postingan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana berinteraksi dengan data kontak yang ada di windows phone. Hal ini menjadi penting karena di beberapa aplikasi yang nantinya akan di kembangkan akan ada suatu saat dimana kita membutuhkan interaksi dengan phone contact di Windows Phone.

Contact di windows phone

Yang dibutuhkan pertama kali adalah insialisasi awal, yaitu memanggil library disupport fitur contact ini. Yaitu dengan memanggil library berikut:

using Microsoft.Phone.UserData;

Selanjutnya, saat berinteraksi dengan data kontrak kita akan membutuhkan class Contact yang mana didalamnya sudah terdapat semua informasi seperti DisplayName, Addresses, EmailAddresses, Birthday, dsb. Saat informasi seperti itu dibutuhkan, kita bisa menggunakan class Contact dengan melakukan pencarian menggunakan method SearchAsync(). Tapi method ini membutuhkan 2 paramater, yaitu keyword dan filter.

Di bawah ini merupakan contoh code untuk pencarian informasi kontak berdasarkan nama Windy. Nantinya keluarannya akan ditampilkan dalam bentuk ListBox:

Semoga Bermanfaat ..!! 😉

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s