Cara Kerja GPS

Hai All, di postingan kali ini kita akan membahas tentang cara kerja Global Positioning System atau yang biasa disebut dengan GPS. Sebelum itu kita akan membahas hal mendasar seperti apa itu GPS, apa fungsi teknologi GPS saat ini, hingga bagaimana cara kerja GPS itu sendiri.

Cara kerja GPS

Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari 24 jaringan satelit yang ditempatkan di orbit. GPS pada awalnya ditujukan untuk aplikasi militer, tetapi pada 1980-an pemerintah membuat sistem yang tersedia untuk penggunaan sipil. GPS bekerja dalam kondisi cuaca apapun, di manapun 24 jam sehari.

ConstellationGPSDan taukah kamu kalau disetiap daerah yang ada di bumi ini akan di jangkau oleh 3-4 satelit. Akan tetapi, satelit dapat bekerja dengan maksimal tergantung terhadap kondisi langit yang cerah dan juga tidak adanya halangan sehingga akurasinya juga akan semakin tinggi. Satelit GPS berputar mengelilingi bumi selama 12 jam di dalam orbit dan mengirimkan sinyal informasi yang akurat ke bumi. GPS reciever mengambil informasi itu  dengan menggunakan perhitungan “triangulation” menghitung lokasi user dengan tepat. GPS reciever membandingkan waktu sinyal di kirim dengan waktu sinyal tersebut di terima.

Dari informasi itu didapat diketahui berapa jarak satelit. Dengan perhitungan jarak, GPS reciever dapat melakukan perhitungan dan menentukan posisi user dan menampilkan dalam maps. Sebuah GPS reciever harus mengunci sinyal minimal tiga satelit untuk memenghitung posisi 2D (latitude dan longitude) dari pergerakan user (tracking). Jika GPS reciever dapat menerima empat atau lebih satelit, maka hal itu dapat menghitung posisi 3D (latitude, longitude dan altitude). Jika sudah dapat menentukan posisi user, selanjutnya GPS dapat menghitung informasi lain, seperti kecepatan, arah yang dituju, jalur, tujuan perjalanan, jarak tujuan, matahari terbit dan matahari terbenam dan masih banyak lagi.

GPSSatelit GPS dalam mengirim informasi waktu sangat presesi karena Satekit tersebut memakai jam atom. Jam atom yang ada pada satelit jalan dengan partikel atom yang di isolasi, sehingga dapat menghasilkan jam yang akurat dibandingkan dengan jam biasa. Perhitungan waktu yang akurat sangat menentukan akurasi perhitungan untuk menentukan informasi lokasi kita. Selain itu semakin banyak sinyal satelit yang dapat diterima maka akan semakin presesi data yang diterima karena ketiga satelit mengirim pseudo-random code dan waktu yang sama.

Seperti tiang GPS reciever, ketinggian itu menimbulkan keuntungan dalam mendukung proses kerja GPS. Karena semakin tinggi maka semakin bersih atmosfer, sehingga gangguan semakin sedikit dan orbit yang cocok dan perhitungan matematika yang lebih presisi. Satelit harus tetap pada posisi yang tepat sehingga stasiun di bumi harus terus memonitor setiap pergerakan satelit.

Triangulate

Dengan video simulasi dibawah ini diharapkan dapat mempemudah penjelasan tentang cara kerja GPS ini.

Selain itu saya juga menemukan semulasi secara langsung yang dilakukan oleh nEwEr. nEwEr melakukan percobaan menggunakan GPS secara realtime. Dengan Track Sphere, nEwEr menggunakan teknologi tracking Google Maps untuk melihat jalur penerbangannya. Selengkapnya bisa dilihat disini: http://www.tracksphere.com/view/awesome-speedflying-line-f-renalp-engelberg–awesome-speedflying-fuerenalp

Well, Semoga Bermanfaat..!! 😉

infographic-2a


 

Daftar Pustaka

Iklan

2 pemikiran pada “Cara Kerja GPS

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s