Berinteraksi dengan media library di Windows Phone

Untuk berinteraksi dengan media library di Windows Phone kita membutuhkan class yang dinamakan dengan MediaLibrary, dimana class ini memberi akses user untuk berinteraksi dengan media library seperti photo, music dsb.

Media Library di Windows Phone

Pictures

Class MediaLibrary bisa dugnakan untuk mengakses gambar yang ada di Photos Hub, seperti yang ada di dalam Pictures collection. Didalamnya terdapat object Pictures, yang merepresentasikan sebuah gambar yang ada di Photos Hub. Untuk menggunakan fitur ini, kita harus enable ID_CAP_MEDIALIB_PHOTO yang ada di file manifest project.

Pictures collection memberikan akses ke album seperti :

  • Camera Roll
  • Saved Pictures
  • Screenshots

Semua album lainnya di tampilkan di People Hub seperti halnya media online Skydrive atau Facebook tidak akan bisa di akses melalui class MediaLibrary.

Setiap objecy Picture memiliki properties untuk mendapatkan info seperti Name, Width, & Height. Selain itu kita juga bisa mendapatkan akses untuk cara yang berbeda jika kita ingin memanipulasi gambar atau menampilkannya di aplikasi kita, seperti cara berikut :

  • Method GetPicture() berfungsi mengembalikan aksi sebelumnya ke gambar aslinya.
  • Method GetThumbnail() berfungsi untuk menampilan gambaran, tentunya dengan resolusi yang rendah dari gambar aslinya.
  • Jika kita menambahkan namespace PhoneExtensions ke dalam class kita, kita bisa menggunakan method GetPreviewImage(), ini berfungsi untuk menampilkan gambar.

Untuk contoh dibawah ini, kita akan membuat gambaran dari gambar pertama yang tersedia di Camera Roll dan menampilkannya menggunakan control Image :

Dengan class MediaLibrary, kita juga bisa melakukan tindakan sebaliknya, maksudnya adalah mengambil sebuah gambar di aplikasi kita dan menyimpannya di People Hub. Kita telah melihat contohnya ketika kita berbicara tentang meng-integrasikan camera dengan aplikasi.

Dan untuk contoh dibawah ini, kita bisa mendownload gambar dari internet dan menyimpannya di dalam Saved Pictures :


Music

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, class MediaLibrary dapat mengakses banyak jenis media, ya salah satunya adalah music. Tetapi ada beberapa batasan untuk mengaksesnya. Untuk itu mari kita bahas lebih detail.

Berikut cara mengakses music menggunakan class MediaLibrary :

  • Albums untuk mengakses album music
  • Song untuk mengakses semua lagu yang ada di phone
  • Genres untuk mengakses semua lagu berdasarkan genre
  • Playlist untuk mengakses daftar lagu yang ada.

Setiap lagu di identifikasi dengan class Song, yang mana berisikan semua informasi tentang : Album, Artist, Title, TrackNumber dsb.

Namun sayangnya, kita tidak bisa mengakses lebih jauh lagu di phone, jadi kita hanya bisa memutar lagu menggunakan class MediaPlayer, yang mana class ini berada di namespace Microsoft.XNA.Framework.Media. Class ini memiliki banyak method untuk berinteraksi dengan lagu. Contohnya method Play() yang ber-paramterkan object Song.

Di contoh dibawah ini, kita akan coba menjalankan fungsi putar salah satu lagu yang ada di library:

Salah satu fitur yang baru yang ada di Windows Phone 8 adalah memperboleh kita untuk menyimpan sebuah lagi ke dalam local storage dari aplikasi kita ke dalam media library, jadi kita bisa memutarnya secara native. Untuk menggunakannya yang kita butuhkan adalah menambahkan namespace Microsoft.Xna.Framework.Media.PhoneExtensions ke dalam class kita, seperti contoh dibawah ini:

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s