Live Tiles di Windows Phone

Live Tiles merupakan fitur yang unik di Windows Phone dan menurut saya ini salah satu fitur yang membedakan Windows Phone dengan Mobile OS lainnya. Dinamakan Live Tiles karena ini bukan shortcuts biasanya saja yang fungsinya hanya membuka aplikasi, tetapi fitur ini juga dapat menupdate informasi secara local/remote dan menampilkannya dalam bentuk ubin ke user, tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi popular yang sudah memanfaatkan fitur ini, seperti aplikasi cuaca, berita, film, dan lain-lain.

Live Tiles di Windows Phone

Di Windows Phone 8 sudah ada pembaruan yang bisa di bilang signifikan terhadap template dan ukuran dari Live Tiles ini. Untuk setiap aplikasi memiliki 3 ukuran tiles yang berbeda : small, medium, dan wide. Sebagai developer kita juga bisa merubah konten dari Tile.

Ukuran Tiles

Live Tiles
Gambar 1. Ukuran Live Tiles di Windows Phone

Windows Phone 8 juga memperkenalkan 3 template untuk merubah Tile yang dinamakan dengan : Flip, Cycle, dan Iconic. Yang perlu diingat, kita hanya bisa menggunakan satu template untuk satu aplikasi yang sedang dikembangkan, dan itu harus dideklarasikan di file manifest project yang ada di ApplicationUi. Kita akan coba membahas ketiga template ini satu persatu.

 

Flip Template

Flip merupakan template standar dari Windows Phone dan juga sudah ada di Windows Phone 7. Dengan template ini kita bisa menampilkan text, penghitung, dan juga gambar. Gambar akan di balik ke belakang untuk menampilkan konten text dan terus berulang sampai waktu yang di tentukan.

Flip Tile

Seperti yang kita lihat di gambar diatas, kita bisa merubah font dan juga lokasinya di tile. Jika kita ingin memasukkan gambar kedalam tile tersebut, kita harus mengikuti syarat ukuran berikut:

  • Small : 159 x 159
  • Medium : 336 x 336
  • Wide : 691 x 336

Flip template ini di identifikasi oleh class FlipTileData. Berikut contoh bagaimana mengimplementasikan Flip template untuk aplikasi kita :

Ada dua cara untuk mengimplementasikannya, pertama dengan cara diatas yaitu dalam format C# dan yang kedua adalah dalam format XML, seperti berikut :

 

Cycle Template

Cycle template bisa digunakan untuk membuat tampilan visual sama halnya seperti tile menampilkan gallery photos. Dan ini bisa muat untuk 9 gambar lebih untuk ditampilkan dalam tiles nya.

Cycle Tile

Untuk ukuran kurang lebih sama dengan Flip template, jadi tinggal di samakan saja. Cycle template ini diidentifikasi oleh class yang berna,a CycleTileData, berikut contoh code implementasi dari template ini :

Dan berikut versi XML nya :

 

Iconic Template

Iconic template bisanya digunakan untuk menampilkan hitunggan. Banyak aplikasi bawaan Windows Phone yang memanfaatkan template ini, seperti Email, SMS, dan panggilan telepon. Dalam template ini, hitungan menjadi fokusan oleh karena itu dengan ukurang lebih besar.

Iconic Tile

Berbeda dari template sebelumnya, di template ini gambar full tidak di perbolehkan, jadi hanya berupa icon gambar, dan hanya memiliki 2 ukuran tile, yaitu :

  • Small dan wide tiles : 110 x 110
  • Medium : 202 x 202

Perbedaan lainnya adalah kita bisa mengganti warna dari tile sesuka hari kita, dan jika kita tidak men-set warnannya maka tile otomatis mengikuti warna bawaan settingan kita. Template ini diidentifikasi oleh class IconicTileData, dan berikut contoh code untuk mengimplementasikan template tile ini :

Versi XML nya :

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s