Localization di Windows Phone

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan dan jumlah download dari aplikasi adalah menambahkan banyak bahasa pada aplikasi. Di template Windows Phone 8 sebenarnya sudah ada fitur yang menyediakan ini, namanya localization yang berada di folder Resources.

Localization di Windows Phone

Didalamnya merupakan semua file resource, yang merupakan tipe file XML dengan format khusus yaitu .resx.

Solution Explorer

File resource berisikan semua bahasa terjemahan default untuk perintah-perintah atau informasi-informasi umum yang ada di Windows Phone. Untuk menambahkan infomarsi yang spesifik, developer harus secara manual menambahkan bahasa terjemahan dala file resource ini.

Template standarnya dinamakan AppResources.resx yang berada di dalam folder Resources dalam bahasa standarnya yaitu English.

AppResource

Menambahkan bahasa baru sangatlah mudah. Kita hanya perlu klik-kanan di project kita yang berada di Solution Explorer dan pilih Properties. Kultur bahasa berbentuk kotak akan tampil yang berisikan semua bahasa yang tersedia di Window Phone. Ketika kita menambahkan bahasa baru dengan memilih salah satu bahasa dari list yang tersedia, Visual Studio akan otomatis membuat file AppResource yang baru dengan nama AppResources.xx-yy.resx di dalam folder Resources, dimana xx-yy merupakan code dari kultur bahasa yang kita pilih. Misalnya kita pilih italia, maka nama filenya mejadi AppResource.it-IT.resx.

Visual Studio merupakan editor yang bagus untuk urusan file resouces seperti ini. Visual Studio akan menampilkannya dalam bentuk tabel, yang membuat kita dengan mudah mengisi kata kunci, nilai, dan komen. Untuk mengaksesnya kita hanya perlu meng-klik dua kali file resouce yang ada didalam folder Resources.

 Berikut standar template dari file resource yang ad di Windows Phone, dimana juga berisikan class yang dipanggil dengan LocalizedStrings, yang berfungsi untuk membungkus semua file yang berisikan terjamahan dan juga file XAML. Kita bisa menemukan global resource nya di file App.xaml seperti berikut :

Tentu dengan pembungkus (wrapper) ini kita dengan mudah mengakses resource yang ada di XAML. Kita tidak perlu menambahkannya di XAML setiap waktu ketika ingin menampilkan text di tampilan utama, yang kita hanya perlu memanggilnya dalam bentuk syntax berikut :

Dengan class LocalizedString kita dengan mudah mengakses semua nilai yang ada di file resource menggunakan syntax LocalizedResource.MyKey dimana MyKey ini berfungsi untuk mengidentifikasi text yang ingin kita tampilkan.

Jika kita ingin mengakses string resource dari code kita, kita hanya perlu menggunakan class AppResource, seperti contoh berikut :

 

Multilingual App Toolkit

Microsoft telah membuat ektesnsi yang berguna untuk Visual Studio yang bernama Multiligual App Toolkit, yang bisa di download disini. Tool ini tidak akan merubah bagaimana cara kerja localization, tool ini selalu berdasarkan kepada file resources, yang ada di aplikasi menggunakan class LocalizedString.

Berikut keuntungan menggunaka Multilingual App Toolkit :

  • Satu dari sekian banyak waktu terbuang adalah ketika kita mengcopy secara manual nilai-nilai yang ada di bahasa untuk semua file resources. Nah, tool ini merupakan solusinya, selama proses Build, tool ni akan mengcopy semua keys yang di tambahkan ke file resx ke semua file resources secara otomatis.
  • Tentunya dengan tampilan yang bagus untuk pengaturan terjamahan bahasa.
  • Didung dengan Bing service yang bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa secara otomatis

Setelah kita menginstal toolkit ini, kita bisa me-enable nya untuk project du menu Tools dari Visual Studio dengan memilih option Enable multilingual app toolkit. Setelah di enable, Visual Studio akan bekerja dengan file .xlf dari pada .resx. Selama proses penerjemahan, toolkit akan membuat semuanya menjadi file .resx.

Untuk mengakses tampilan dari toolkit, kita hanya perlu meng-klik dua kali file .xlf dan kita dapat melihat daftar hasil dari resources yang telah berhasil di proses.

Multilingual Tool

 

Forcing a language

Windows Phone akan otomatis memilih file resource yang sesuai dengan bahasa phone. Jika file tersebut tidak ditemukan, file resources default akan digunakan. Nah kita bisa merubah kebiasan ini, contohnya jika kita ingin memberikan pilihan kepada user mana bahasa yang akan mereka pilih dari list bahasa yang tersedia. Untuk melakukanya, kita perlu menambahkan code tambahan di class App (didalm file App.xaml.cs) seperti berikut :

Setelah kita mendefinisikan object CultureInfo dengan mengirimkan culture code sebagai parameternya, kita bisa memberikan 2 properti yang berbeda dari object Thread.CurrentThread seperti berikut :

  • CurrentCulture merupakan kultur aplikasi, yang digunakan untuk mendefinisikan fitur seperti tanggal dan format waktu, kurs, dsb.
  • CurrentUICulture merupakan tampilan culture, yang digunakan untuk memilih file resource
Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s