Mempublish Aplikasi ke Windows Phone Store

Untuk dapat publish aplikasi ke Windows Phone Store, kita harus membeli akun developer yang bisa di beli di https://dev.windowsphone.com/en-us/join  dengan harga $19 dolar pertahun, atau kita bisa membelinya dengan gratis jika memiliki akun DreamSpark.

Store di Windows Phone

Untuk pembagian keuntungan aplikasi berbayar, Microsoft akan mengambil 30% dari 100% keuntungan aplikasi, jadi developer mendapatkan keuntungan 70% dari penjualan aplikasi.

Ketika akun developer telah aktif dan aplikasi kita telah siap, kita bisa submit aplikasi ke portal dev.windowsphone.com. Selama proses, kita harus memperiksa fitur dari application marketing seperti harga, metadata, dan tipe pendistribusian. Setelah itu submission telah selesai, dan proses certification dimulai. Aplikasi tidak akan otomatis terpublish di store, pertama pihak Microsoft memproses dan memvalidasi certificatiton dari mulai konten yang teknikal sampai prosedur submission.

Untuk teknikal testnya, pastikan aplikasi kita terbedas dari yang namanya crash, berjalan secara cepat dan responsive, dan juga tampilan yang tidak sesuai denga guidenya Windows Phone.

Langkah 1 : App info

Langkah pertama dari proses publish adalah mempersiapkan informasi dasar, seperti kategori aplikasi, harga, tempat pendistribusian. Aplikasi kita akan otomatis di distribusikan di semua negara dengan harga yang kita pilih. Harga tersebut akan otomatis di konversi ke mata uang negara yang bersangkutan. Di langkah ini, kita akan memilih negara China dimasukkan atau tidak sebagai tempat pendistribusian, karena defaultnya aplikasi tidak  otomatis di distribusikan ke negara ini.

Proses lain yang tidak kalah penting selama pendistribusian aplikasi Windows Phone adalah :

  • Public store : Aplikasi kita mudah di temukan dan di download oleh user siapapun.
  • Hidden : Aplikasi tetap akan terus ada di store, tetapi user tidak akan bisa menemukannya. Cara menemukannya hanya menggunakan link langsung ke aplikasi.
  • Beta : Aplikasi kita tidak bisa di temukan oleh user, karena pada kondisi ini hanya user yang telah di setujui yang dapat mendownloadnya. User yang telah di setujui dengan akun Microsoft melalui phone yang telah teregistrasi juga. Kita bisa memasukkan lebih dari 10,000 user untuk proses ini.

Langkah 2 : Upload dan jelaskan XAP kita

Langkah kedua untuk final proses, tentunya setelah kita mengisi informasi dari aplikasi kita yang akan di tampilkan di Windows Phone Store.

Langkah pertama ada meng-upload file XAP. File XAP telah di bungkus oleh Visual Studio ketika kita meng-compile project, dan semua konten aplikasi telah berada di file tersebut. Didalamnya kita akan temukan folder bin yang berisikan project Visual Studio kita. Ingat untuk selalu meng-compile project dalam mode Release Mode, kalau tidak aplikasi kita tidak akan diterima.

Setelah kita meng-upload file XAP, portal akan otomatis menampilkan rangkuman fitur dari aplikasi kita, seperti resolusi yang didukung aplikasi, capabilites, dan banyak lagi. Kita juga bisa memasang versi aplikasi selama aplikasi dalam proses uploading.

Portal juga otomatis mendeteksi bahasa yang didukung oleh aplikasi, dan akan menampilkannya dalam bentuk menu dropdown yang dinamakan Language details. Kita juga harus memasang metadata aplikasi untuk setiap bahasa. Informasi akan disampaikan di Store ketika user membuka aplikasi kita pertama kali.

Windows Phone Store

Kita juga harus meng-upload lebih dari satu screenshot untuk setiap bahasa dan resoulusi yang didukung oleh aplikasi, dan juga icon dari aplikasi. Nantinya itu akan ditampilkan di sesi screenshot di store. Untuk mengambil screenshot, kita bisa menggunakan tool yang ada di emulator.

Semoga Bermanfaat .. !! 😉

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s