Menjadi iOS Developer

Jika sudah sampai di artikel ini, tentu Anda mulai tertarik menjadi pengembang aplikasi iOS, tapi bingung dari mana memulainya? Memang sih di internet ada banyak resource yang bisa kita temukan untuk mempelajarinya, tapi terasa susah menemukan mana yang enak di baca dan untuk diimplementasikan. Nah di postingan ini kita akan membahas bagaimana menjadi pengembang aplikasi iOS.

iOS Developer

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk memulainya:

Langkah 1 : Pelajari bahasa pemograman dasar (di tujukan untuk programmer pemula)

Mempelajari pemograman dasar merupakan landasan untuk membuat semuanya berjalan lancar. Misalnya ketika ada problem, mungkin kita mengkali suatu masalah dengan mencari solusinya di Google atau bertanya di Stack Overflow. Tapi percayalah, cara ini tidak akan membuatnya menjadi mudah, malah akan menjadi susah, oleh karena itu kita harus mengerti apa yang terjadi dibelakangnya.

Anda bisa mempelajarinya dasar pemograman dengan dua video pembelajaran yang disediakan oleh Lynda ini, didalamnya sudah dijelaskan tentang pemograman dasar dengan sangat ringkas dan jelas.

Dasarnya kita harus mengetahui tentang konsep object oriented seperti apa itu object, apa itu class dan bagaimana membuat sebuah method. Dengan mengerti pemograman Object Oriented maka proses pengembangan akan menjadi lebih mudah dan cepat.

 

Langkah 2 : Pelajari SWIFT / Objective – C

Kita tidak harus mempelajari keduanya, tapi mengetahui keduanya akan sangat bagus. Kita bisa memilih salah satu untuk mengembangkan aplikasi iOS. Sangat banyak artikel yang membahas mana yang lebih baik dipelajari SWIFT atu Objective – C. Menurut saya itu kembali lagi ke Anda, karena membahas mana yang lebih baik akan membuang waktu. Berikut saya buat garis besar perbandingan dari kedua bahasa ini.

Di GitHub terdapat banyak resource pengembangan aplikasi iOS yang ditulis dalam bahasa pemograman Objective – C, dan pembahasan yang di angkat di Stack Overflow juga kebanyakan Objective – C. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa banyak resource yang tersedia untuk bahasa Objective – C karena ini adalah bahasa pemograman pertama dari iOS.

Kekurangan dari bahasa ini adalah banyaknya keluhan developer yang mengganggap bahasa ini susah untuk dipelajari, cari tau alasan lebih detailnya di postingan SWIFT atau Objective – C.

Ok, mungkin cukup sudah pembahasan mengenai mana bahasa yang harus dipelajari lebih dahulu, kita fokuskan mana bahasa pemograman yang memudahkan Anda untuk membuat aplikasi di iOS. Selain itu kita juga harus mengetahui tentang framework dasar seperti object, collection, tipe data, networking, dan JSON.

Berikut referensi yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari kedua bahasa ini :

 

Langkah 3 : Pelajari iOS Development

Nah diasumsikan Anda telah mengetahui SWIFT/Objective – C, ditambahkan lagi juga harus mengetahui tentang seluk beluk iOS Development, ini artinya kita harus mengerti tentang bagaimana membuat :

  • Membuat Build View (dengan Storyboard, xibs, atau programmaticallu).
  • Membuat User interaction (seperti button, switches, slider, dsb).
  • Menampilkan data di tabel view
  • Menampilak peringatan
  • Navigation dan Transition antara view
  • Menampilkan Gambar, label dan teks
  • Mengintegrasikan aplikasi dengan REST API dan parse JSON di iOS.

Semua keyword diatas nantinya akan kita bahas di seri Tutorial iOS Development Indonesia.

Berikut Link Referensi yang bisa digunakan untuk mendukung seri tutorial di atas.

 

Langkah 4 : Buat Aplikasi

Kita mungkin telah membaca banyak tutorial dan buku tentang pengembangan aplikasi iOS. Tapi Anda harus tahu, bahwa tidak ada yang lebih bagus selain mengimplementasikannya langsung kedalam sebuah aplikasi. Sebelum memulai pengembangan, tentu kita memerlukan alat dapurnya, nah berikut tool yang perlu di persiapkan :

  • Memiliki Personal Website / Website – Apple menganjurkan developernya untuk memiliki personal website, ini ditujukan agar setiap pelanggan bisa langsung menghubungi developer jika terdapat feedback dari user tanpa perlu melalui pihak Apple terlebih dahulu.
  • Mac atau Macbook dan juga Device – Memiliki Mac/Macbook sangat direkomendasikan, hal ini dikarenakan agar tidak terjadi kesulitan saat pengembangan. Karena ada banyak masalah yang terjadi jika mengakalinya dengan Hackintosh, seperti tool yang tidak compatible atau lainnya.
  • Registrasi iOS Developer – Registrasi menjadi iOS Developer di developer.apple.com dengan biaya pertahun sebesar $99, dimana proses verfikasi akan memakan waktu kurang lebih 2 hari. Memang sih ini mahal untuk skala developer apalagi mahasiswa :D, tapi semuanya akan terjawab ketika kita melakukan pengembangan. Menurut saya, salah satu alasan utamanya adalah fitur yang disediakan Apple untuk developer, contohnya iCloudnya. Baca selengkapnya tentang iCloud disini.
  • Registarsi iTunes – Setelah akun terverifikasi yang dilakukan selanjutnya adalah mendaftarkan akun ke itunesconnect.apple.com yang bertujuan untuk mendaftarkan aplikasi kita ke App Store nantinya. Disini lah semua pengisian form seperti kartu kredit, app-purchase, gamecenter, Tax dan Banking di lakukan.
  • Xcode – Inilah adalah IDE utama yang akan kita gunakan untuk pengembangan aplikasi iOS.
  • Apps – Setelah kita melakukan pengembangan, nantinya aplikasi di build dan compile sehingga menghasilkan file .ipa. File inilah yang nantinya kita upload ke iTunes Connect untuk proses submit aplikasi.
  • Application Loader – Apple menyediakan kemudahan bagi kita dengan koneksi yang tidak memadai selama proses upload file .ipa, yaitu menggunakan tool Application Loader.
  • Beta Testing – Setelah file terupload, aplikasi kita tidak akan bisa langsung berada di App Store seperti market sebelah. Aplikasi kita harus melalui tahap beta testing untuk mengkonfirmasi kondisi aplikasi
  • Review – Inilah proses yang menentukan aplikasi kita dapat diterima atau tidak, jika diterima aplikasi kan bisa langsung berada di App Store, dan jika tidak pihak Apple akan memberitahu apa yang membuat aplikasi ini belum siap untuk di tayangkan di App Store.
  • Publish di App Store ­– Proses diatas adalah semua rangkaian proses untuk mempublish aplikasi buatan kita ke App Store. Jika kita telah sampai pada tahap ini yang perlu kita lalukukan adalah untuk terus memantau aplikasi dan menambahkan fitur baru tergantung keinginan pengguna, karena ini menjadi penentu aplikasi dapat terus bertahan.

Berikut Link Referensi resource yang bisa digunakan selama development. Didalamnya terdapat 27 resource gratis yang bisa kita implementasikan pada aplikasi iOS kita : 27 iOS Open source Libraries to skyrocket your development

Selain itu berikut Framework yang bisa digunakan juga :

Maps MapKit, Annotations, GPS, Core Location, and Geocoding
Persistence Core Data, SQLite, documents directory, file system, iCloud, CloudKit, Parse
Monetization App Store, iTunes Connect, In-app purchases, iAd
Device Management Resource Management battery, bandwidth, radios, GPS, CPU
Social frameworks like Facebook, Twitter
Concurrency Grand Central Dispatch, Async i/o, queues, multithreading

 

 

Langkah 5 : Berkolaborasi dengan Developer lainnnya di GitHub

Ini adalah langkah terkahir yang sangat bagus diimplementaiskan karenan dengan tujuan untuk berbagi sesama developer iOS. Berikut alasan yang perlu kita ketahui kenapa hal ini penting :

  • Belajar bagaimana menggunakan git source control.
  • Belajar bagaimana cara analyze, dissect, dan membaca code developer lainnya.
  • Belajar dari pengalaman developer yang telah lama mengembangkan aplikasi
  • Bertemu teman atau bisa jadi di-rekrut menjadi karyawannya, hehehe :D.

Cari dan temukan project iOS yang ada di Github dan mulailah berkontribusi. Jalankan aplikasinya dan coba cari masalahnya, atau bagaimana cara mengefisiensikan sebuah modul atau library. Coba temukan code yang efektif, sehingga aplikasi dapat berjalan menjadi lebih baik dan cepat. Berikut beberapa link referensi iOS Github yang bisa Anda mulai pelajari :

Well semoga informasinya bermanfaat guys! 😉 Keep calm and build apps.

Oya, perlu Anda ketahui bahwa sampai hari ini 06/12/2015, Apple tetap menjadi trend di GitHub.

Apple Tranding Developer in GitHub
Apple Tranding Developer in GitHub

Referensi :

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s