Pengembangan Aplikasi iOS dengan Xcode 6

Di postingan kali ini kita akan membahas apa saja yang perlu di persiapkan untuk mengembangkan aplikasi iOS menggunakan Xcode 6. Mulai dari sistem operasi apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi iOS, bagaimana mendafat menjadi Apple Developer, cara menginstal Xcode, dan mengikuti iOS Developer Program.

Pengembangan Aplikasi iOS dengan Xcode 6

1. Sistem Operasi Mac

Ya disini kita akan membutuhkan Mac OS, karena ini merupakan kebutuhan dasar pengembangan aplikasi iOS. Untuk mengembangkan aplikasi iPhone/iPad, kita perlu mempersiapkan Mac dengan prosesor intel yang berjalan di Mac OS X versi 10.9.4 keatas. Hal ini diperlukan karena development applikasi iOS membutuhkan prosesor diatas 2.5GHz dengan minimal memory 4GB, agar selama pengembangan dapat berjalan lancar. Semakin tinggi maka semakin bagus.


 

2. Mendaftar Sebagai Apple Developer

Setiap orang bisa mendaftarkan diri sebagai pengembang Apple secara gratis. Dengan mendaftar akun developer, kita bisa mendownload Xcode, dapat mengakses dokumentasi dari iOS SDK dan juga sumber petunjuk teknis berupa video pengembangan dan lainnya.Β Kita bisa mendaftarkannya di website: (https://developer.apple.com/programs/register/).


 

3. Menginstal Xcode

Untuk memulai pengembangan aplikasi iOS, Xcode merupakan satu-satunya aplikasi yang harus kita donwload. Xcode adalah environment tool (IDE) yang telah terintegrasi oleh Apple. Xcode mempersiapkan semua yang kita butuhkan untuk memulai pengembangan aplikasi.

figure-app-store-xcode

Didalamnya telah di bundle resource seperti built-in source code editor, graphic user interface (UI) editor, debugging tool dan banyak lagi. Yang paling penting, Xcode telah menyediakan iPhone dan iPad simulator, jadi kita bisa melakukan test aplikasi kita tanpa harus menggunakan device aslinya.

Untuk mendownload Xcode, jalankan aplikasi Mac Store di sistem operasi Mac. Jika kita menggunakan versi terakhir dari Mac OS, kita hanya perlu mengklik icon Mac App Store yang ada di dock. Jika kamu tidak menemukannya, kamu harus upgrade versi Mac OS ke yang terbaru.

App Store in Dock
Di dalam Mac App Store, ketikkan Xcode dan klik tombol β€œFree” untuk mendownloadnya. Setelah proses instalasi selesai, nanti kita akan menemukan folder Xcode di Launchpad.

Xcode Installed

Dalam tutorial ini, saya menggunakan Xcode versi 6.1, jadi jika kamu menggunakan versi dibawahnya maka akan lebih baik untuk mengupgradenya. Toh gak ada salahnya jika melakukan upgrade karena itu sangat mudah.


 

4. Mengikuti iOS Developer Program (optional)

Hal ini bersifat optional, karena jika kita mengikuti programmnya maka akan lebih baik, tapi jika tidak, kita tidak akan bisa melakukan pengembangan berkelanjutan. Kita bisa mendaftarkannya di website iOS Developer Program : (https://developer.apple.com/programs/ios/).

Sebenarnya kita bisa mengembangkan dan ngetes aplikasi kita di Mac tanpa harus mengikuti program ini. Tapi perlu diingat, simulator hanya berfungsi untuk mengetes aplikasi kita. Kita tidak bisa mendeploy dan menjalankan aplikasi kita di iPhone atau iPad, atau submit aplikasi ke App Store.

Simulator yang ada di Xcode sangat menarik, tapi juga tidak begitu super hehee πŸ˜€ , karena tidak semua fitur iPhone dapat disimulasikan, seperti video dan camera. Jika kita membuat aplikasi yang memanfaatkan camera, satu-satunya cara untuk melakukan testing adalah dengan device aslinya. Dan juga kita harus mengikuti iOS Developer Program!

Well menurut saya, jika Anda berencana melakukan pengembangan aplikasi iOS yang bersifat berkelanjutan, mau tidak mau harus mengikuti iOS Developer Program ini dengan biaya $99 pertahunnya. Memang sih ini merupakan pengularan yang lumayan besar pertahunnya.

Tapi jangan terlalu terburu-buru untuk mendaftarkannya ke program ini, karena untuk pengembang pemula menggunakan simulator saja sudah lebih dari cukup. Dan di tutorial iOS Development Indonesia juga hanya membutuhkan Xcode 6 dan nantinya menggunakan simulator untuk pengembangannya.

figure-apple-developer-program

So, ceep calm and build apps !! πŸ˜‰

Iklan

4 pemikiran pada “Pengembangan Aplikasi iOS dengan Xcode 6

  1. so you writed it down because you are work as Mobile Dev Specialist in Indonesia ?, when was you last updated this blog ?, by the way thank you for answering, this is task from my college. πŸ™‚

    Suka

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s