Tren Design Aplikasi Mobile di tahun 2015

Gak pernah bosan rasanya buat ngebahas tentang tren design aplikasi mobile beberapa tahun belakangan. Seperti di postingan tahun lalu tentang trend design aplikasi mobile di tahun 2014, dan diakhir tahun ini mari kita kembali trend design aplikasi mobile di tahun 2015.

Sebenarnya, tren ini dimulai sejak tahun 2013 dimana 3 perusahan mobile terbesar berlomba-lomba untuk menciptakan design yang sederhana dan seminimalis mungkin, hingga di tahun 2015 ini banyak muncul design-design baru yang bisa menjadi acuan untuk membuat konsep UI & UX dari aplikasi yang akan di kembangkan. Walaupun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tren design di tahun 2014, berikut penambahannya.

 

#1. Material Design

shot

Semenjak Konfrensi Google I/O lalu, Material Design menjadi isu yang paling sering dibicarakan dalam design aplikasi, terutama mobile apps.

Kecendrungan pola design mengarah pada flat design, dimana design ini terlihat sangat fresh. Google sendiri telah memperkenalkan pola warna untuk material design ini, jadi developer tidak lagi sembarangan untuk memilih warna agar tetap di jalur material design.

Material design ini bisa kita temukan pada banyak aplikasi Android sepertiGmail, YouTube, Google Drive, Google Maps dan juga aplikasi populer seperti Evernote, Telegram, Lyft, Tumblr, QuickPic, dsb.

 

#2. Animation & Motion Design

ezgif.com-resize

Tren Animasi pada sebuah aplikasi tidak berupa animasi tanpa arti, tetapi animasi yang memiliki tujuan untuk mempermudah maksud dari aplikasi. Karena setiap gerakan dan perubahan bentuk dari gambar membuat aplikasi terasa lebih “hidup”.

Sederhana, fast, jelas, bermakna, dan responsif – ini adalah karakteristik dari motion design yang harus dipatuhi untuk mengimplementasikannya pada aplikasi. Boleh saja berxplorasi tentang animasi, tetapi jangan sampai melangkah terlalu jauh dari logika dan tujuan aplikasi. So, tren ini sudah patutnya di coba dan diimplementasikan pada aplikasi kita guys.

 

#3. Card Layout

android2

Cara lain untuk membuat UX lebih terlihat dinamis dan bermakna adalah dengan mengimplementasikan Card Layout. Ya, salah satu tren desain aplikasi mobile paling populer 2014 ini terus berkembang di tahun 2015.

Pengelompokan informasi dan diuraikan didalam kotak membuat informasi detail lebih menarik, nyaman, dan lebih efektif dari sudut pandang pengguna. Potongan kecil informasi dalam bentuk “kartu” membuat informasi menjadi lebih mudah disampaikan dan tidak membuatnya menjadi membosankan. Selain itu informasi yang ingin disampaikan oleh developer kepada pengguna bisa menjadi lebih banyak.

Saat ini sudah banyak aplikasi populer yang telah mengimplementasikannya, seperti: Twitter, Facebook, Pinterest, Tinder, Vine, Treloo dan banyak lagi.

 

#4. Swipe Navigation

Nah yang satu ini mungkin bisa di bilang Old but Gold, soalnya tren ini sebenarnya sudah lama digunakan. Tapi design ini tiap tahunnya selalu mengalami perubahaan yang intinya membuatnya menjadi lebih terlihat minimalis dan simple.

Hari ini, setiap orang begitu peduli dengan interaksi yang cepat dan informasi yang padat. Sebagai contoh memilih menu makanan, tentu menampilkan menu makanan dalam sekelompok layout membuat menu makanan terlihat kuno dan biasa saja. Nah, dengan mengimplementasikan Swipe Navigation ini membuatnya terlihat menarik dan simple dalam memilih menu. Sudah banyak aplikasi populer yang menerapkan swipe navigation ini, sebagai contoh utamanya adalah Tinder.

Jadi itulah beberapa contoh tren design yang bisa dirangkum di tahun 2015 ini. Sebenarnya masih banyak lagi diluar sana yang belum sempat dibahas di postingan ini, semoga di lain kesempatan akan diperbarui lagi.

Semoga informasinya bermanfaat .. 🙂

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s