Membuat Aplikasi ToDo List Sederhana di Android

Hai guys, saya sedikit berbagi tentang cara implementasi ListView di Android, implementasi Swipe to Dismiss di Android atau cara membuat aplikasi To Do List di Android menggunakan Android Studio di beberapa hari belakangan ini. Dipostingan ini nantinya dibahas tentang bagaimana membuat aplikasi daftar kegiatan sederhana di Android atau yang biasa disebut dengan ToDo List.

#1. New Project

Baik kita mulai saja, buat Project baru dengan nama ToDoList, dengan cara File>New Project>Congfigure your new project, isikan nama project, dsb lalu finish. Kita akan menemukan layout Hello World untuk layout default new project Android. Didalam project terdapat file/komponen AndroidManifest.xml, dimana akan terlihat seperti berikut:

Dan juga file MainActivity.java seperti berikut:

Selain itu kita juga akan menemukan file content_main.xml yang memiliki struktur seperti berikut:


 

#2. Membuat View-nya

Oke mari kita mulai dengan membuat daftar list kegiatan dengan cara menimpa code dibawah ini yang berada di file content_main.xml:

menjadi seperti ini:

Ok next, buat layout baru didalam folder res/layout dengan nama file task_view.xml, lalu isikan code berikut kedalamnya:


 

#3. Membuat Fungsi-nya

Selanjutnya buka file MainActivity.java, lalu buat method baru dengan nama addtask(). Isikan code berikut pada method tersebut.

lalu timpa method onCreate yang sebelumnya sudah ada pada file MainActivity.java dengan code berikut:

Hal ini bertujuan untuk menampilkan dialog add new task, dimana nantinya pada baris code ini kita akan membuat fungsi tambah task baru. Coba jalankan aplikasi, dan lihat LogCat nya di Android Monitor. Harusnya akan tampil seperti ini:

com.logbook.wira.todolist D/MainActivity﹕ Add a new task

Nah kalau udah berhasil menanpilkan LogCat nya, mari kita buat fitur tambah task, dengan cara mengupdate method addtask() sebelumnya dengan code berikut:

Sebelum menjalankan aplikasi, mari kita buat tombol untuk menjalankan method diatas dengan cara memanfaatkan FloatingActionButton yang sudah ada saat pertama kali kita membuat project. Cari code yang hampir sama seperti code dibawah ini

FloatingActionButton fab = (FloatingActionButton) findViewById(R.id.fab);

lalu jadikan seperti code ini.

Nah sekarang kita sudah bisa jalankan aplikasi, dan seharusnya sih akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

addtask()
Gambar tambah task baru

Nah saat kita menginputkan teks pada form input task, maka logcat akan menampilkan teks yang kita inputkan sebelumnya. Ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa disinilah nantinya fungsi yang harus kita tambahkan untuk bisa membuat task baru. Contohnya saya menginputkan teks: futsal, maka logcat akan tampil seperti berikut:

com.logbook.wira.todolist D/MainActivity﹕ futsal

 

#4. Membuat Database-nya

Yup, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat databasenya. Taukah Anda bahwa Android itu telah di embed dengan database yang dinamakan dengan SQLite.

Untuk membuat databasenya, pertama kali buat package baru dengan nama db didalam folder com.logbook.wira.todolist. Selanjutnya buat class baru pada packaged db yang telah dibuat tadi dengan nama classnya: TaskContact.java, lalu isikan code berikut kedalamnya:

Lalu buat class baru lagi dengan nama TaskDBHelper.java, dan tambahkan juga code dibawah ini kedalamnya:

Pada baris code 18-21 diatas, kita telah membuat table database baru dengan struktur seperti:

CREATE TABLE tasks (
    id int primary key auto_increment,
    task text) auto_increment = 1

 

#5. Menambahkan Task ke Database

Selanjutnya kita buat fungsi untuk menambahkan task yang kita input agar tersimpan kedalam database. Update method addtask() pada baris code dibawah ini:

  Log.d("MainActivity",inputField.getText().toString());

menjadi seperti berikut:

Oya, pastikan adalah telah menambahkan class db dibawah ini pada MainActivity.java.

  import com.example.TodoList.db.TaskContract;
  import com.example.TodoList.db.TaskDBHelper;

Dan tambahkan juga variabel global dibawah ini pada MainActivity.java

  private TaskDBHelper helper;

 

#6. Menampilkan Task dari Database

Untuk menampilkan data/task yang telah kita buat dari database, yang perlu dilakukan adalah menambahkan method updateUI() pada MainActivity.java, seperti berikut:

Nah sekarang kita sudah bisa menambahkan task kegiatan dan menampilkan task tersebut dari database seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Daftar Kegiatan

 

#7. Membuat Fitur Delete

ezgif.com-resize
Swipe to Dismiss

Jika kita telah berhasil menambahkan task baru, yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah bagaimana cara menghapusnya atau menandakan bahwa task ini sudah selesai dikerjakan. Pada tutorial kali ini akan dibahas dua metode untuk menghapus, pertama cara konvensional (tombol delete), dan yang kedua swipe to dismiss. Tapi alangkah baiknya kita mulai bertahap dari cara konvesional.

Jika sebelumnya kita telah membuat button delete dengan id seperti ini:

android:onClick="onDoneButtonClick"

Maka selanjutnya kita membuat fungsinya, yaitu dengan menambahkan method onDoneButtonClick. Yang artinya method ini akan dipanggil ketika tombol diatas di sentuh. Buat method onDoneButtonClick seperti dibawah ini, dan tambahkan pada MainActivity.java.

Nah sekarang coba jalankan aplikasi, dan tekan tombol delete. Seharusnya daftar task yang kita hapus tidak akan terlihat lagi di aplikasi seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Daftar Task yang telah dihapus

 

#8. Membuat Fitur Update

Next, jika sebelumnya kita telah berhasil menghapus maka selanjutnya harus bisa update dong. Nah, karena tombol update di tampilan aplikasi sudah dibuat sebelumnya, maka mari kita buat fungsinya. Dimana pada view (content_main.xml) sebelumnya kita telah membuat onclick seperti dibawah ini:

android:onClick="update"

Button diatas akan memanggil method update(). Oleh karena itu kita perlu menambahkan method update() pada MainActivity.java yang berisikan code dibawah ini:

Nah, sekarang coba jalankan aplikasi dan update salah satu task. Pada percobaan saya, saya mencoba mengupdate task blogging menjadi tidur dan hasilnya task ter-update seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Update Task
Update Task

Well, mungkin cukup sekian pembuatan aplikasi ToDo List sederhana di Android, untuk impelementasi fitur delete dengan cara Swipe to Dismiss akan kita bahas di postingan selanjutnya.

Download di GitHub

Semoga bermanfaat .. 🙂

Iklan

2 pemikiran pada “Membuat Aplikasi ToDo List Sederhana di Android

  1. misi mas programmer, mas kasih coment dong mas setiap baris kode fungsi biar buat belajar.. makasih . saya doakan sukses selalu

    Suka

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s