Implementasi Swipe to Dismiss pada ListView di Android

Jika Anda pengguna Android atau iOS, gesture dengan cara menggeser sebuah list ke kiri atau kekanan pada kumpulan list hingga menghilang (terhapus) tentu sudah tidak asing lagi. Ya kurang lebih seperti menghapus email. Nah saya mencoba melakukan pencarian kecil tentang fitur ini dimana fitur ini dinamakan dengan Swipe to Dismiss“. 

Saya sedikit penasaran bagaimana fitur Swipe to Dismiss ini bekerja di belakang aplikasi. Oleh karena itu pada postingan ini saya coba berbagi informasi tentang proses pembuatan fitur Swipe to Dismiss yang trend dalam User Experience.

Menurut pendapat saya, sebelumnya nama Swipe to Dismiss ini dinamakan dengan Animating ListView Deletion saat Google I/O pada tahun 2013. Tapi entah kenapa, saat ini banyak referensi yang memberi nama fitur ini dengan Swipe to Dismiss ketimbang Animating ListView Deletion.

Enough Meme

Well sepertinya memang sudah cukup kita membahas nama, yang intinya tentang menggeser list dengan gesture dan animasi/motion. Oke kita kembali ke topik.

Sebelum memulai implementasi Swipe to Dismiss, akan lebih baik jika kita mengetahui bagaimana basic sehingga fitur ini bisa bekerja. Dari pembicaraan kita tadi, terdapat object yang unik di sebutkan yaitu: Gesture, Motion, dan Animation.

Dimana kata object tersebut bisa digunakan apabila kita menggunakan class onTouchListener.

 

onTouchListener

onTouchListener Merupakan sebuah tampilan untuk CallBack agar bisa di panggil ketika adanya sentuhan pada tampilan tersebut. Callback ini akan dipanggil pertama kali sebelum sentuhan di kirimkan kembali kedalam tampilan. Konsep dari callback adalah memberitahu class synchronous / asynchronous bahwa suatu pekerjaan di class lain telah beres.Nah biasanya callback ini digunakan antara Activities dan Fragment. Pengertian gampangnya CallBack itu gini:

“Don’t call us, we call you”


 

Implementasi Swipe to Dismiss di Android

Nah, di sesi akhir nih kita praktekkan bagaimana membuat fitur gesture Swipe to Dismiss di Android. Pada tutorial kali ini saya melanjutkan seri tutorial pembuatan ToDo List Sederhana untuk mengimplementasikan Swipe to Dismiss kedalamnya. Jadi akan lebih baik jika mengikuti tutorial sebelumnya untuk bisa mengimplementasikan fitur ini pada aplikasi.

Pada implementasi kali ini saya menggunakan bantuan class SwipeDismissListViewTouchListener.java yang dibuat oleh RomanNurik. Konsep class ini sama dengan pembahasan kita diatas, dimana class ini tetap mengimplementasikan class bawaan Android, yaitu onTouchListener. Berikut classnnya:


 

#1. Buat Class

Buat class baru dengan nama SwipeDismissListViewTouchListener.java didalam folder yang sama dengan file MainActivity.java berada. Seperti gambar dibawah ini:

Screenshot 2016-01-06 23.08.58

Selanjutnya isikan code pada class tersebut sama persis dengan class yang telah disebutkan sebelumnya.

 

#2. Panggil Class

Buka kembali file MainActivity.java, lalu cek kembali method updateUI(). Jika sebelumnya method updateUI() akan terlihat seperti ini:

Maka sekarang update menjadi seperti dibawah ini agar classSwipeDismissListViewTouchListener.java dapat dipanggil dan diimplementasikan.

Selanjutnya coba jalankan aplikasi ToDo List, seharusnya fitur Swipe to Dismiss telah terimplementasikan.

Well mungkin cukup sekian pembahasannya, mungkin kalau ada yang kurang mohon masukannya.

Update Swipe to Dismiss di Android

Semoga Bermanfaat .. 🙂


Referensi

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s