Solusi Kehilangan Smartphone Android

Jadi ceritanya gini, temen saya baru kehilangan smartphone nya kemaren di salah satu tempat penyedia furnitur, dan baru sadar beberapa jam kemudian bahwa smartphonenya kecurian. Langkah pertama yang kami lakukan adalah melapor ke layanan service terdekat.

Solusi lainnya..? Tracking.

Solusi Pertama

Ini menjadi solusi pertama karena ini bersifat umum, solusi ini bisa dilakukan untuk semua vendor Android. Menurut saya, langkah yang segera harus dilakukan saat baru ingat kehilangan Android adalah dengan tracking lokasi smartphone itu sendiri. Caranya mengujungi website Android Device Manager.

  1. Login menggunakan Google Account melalui browser.
  2. Nantinya kita akan diarahkan ke website berisikan maps, yang langsung memulai pencarian lokasi smartphone kita. Seperti gambar dibawah ini:
    Screenshot 2016-01-18 10.28.38
  3. Ada 3 fitur yang disediakan pada website ini, yaitu Ring, Lock, dan Erase.
  4. Karena ini merupakan langkah awal, maka setelah langkah kedua dilakukan diasumikan lokasi smartphone telah ditemukan. Maka coba manfaatkan fitur Ring, untuk menderingkan smartphone.FindMyPhone
  5. Anda tak perlu panik andaikan ternyata sesaat sebelum kehilangan smartphone, smartphone Anda masih dalam mode silent. Karena teknologi ini sudah dirancang untuk menderingkan smartphone walaupun dalam mode silent.

Jika ternyata Anda sedang tidak membawa laptop, atau tidak mungkin mengakses laptop. Gunakan smartphone Android terdekat, misalnya ketemen. Download dan instal Aplikasi Android Device Manager di Play Store, lalu jalankan. Login ke akun Google, dan aplikasi akan mulai melakukan pencarian.

Android Device Manager
Simulasi menggunakan aplikasi Android Device Manager

 

Solusi Kedua

Kenapa dinamakan solusi kedua, karena ada banyak kondisi yang membuat kita tidak bisa menggunakan solusi pertama. Contohnya, ternyata smartphone tersebut dicuri atau jatuh, sehingga membuat smartphone dalam kondisi tidak aktif. Akibatnya kita tidak mungkin melakukan tracking lokasi smartphone jika smartphonenya dalam kondisi non-aktif. Sebelum memulainya, ada baiknya Anda mengganti password email, social account dan lainnya.

Ada beberapa Vendor Android yang menyediakan fitur tracking smartphone. Dan ini menjadi solusi penting, karena kita tetap bisa tracking smartphone saat “smartphone tersebut dinyalakan”.

 

Samsung Device

  1. Kunjungi website https://findmymobile.samsung.com
  2. Login dengan akun Samsung
  3. Buka fitur Protect My Device -> Lock my screen
  4. Isi pin, pesan yang disampaikan kepada orang yg menemukan, hingga kontak (no orang terdekat Anda) yang hanya bisa dihubungi saat smarpthone kembali aktif. Seperti gambar dibawah ini.
  5. Samsung akan otomatis menyimpan setting ini pada smartphone. Harusnya orang yang menemukannya hanya bisa menggunakan fitur panggilan ke no yang telah kita isikan.
  6. Saya dan teman yang kehilangan smartphone nya sudah sampai pada tahap ini, dan selanjutnya kita hanya bisa menunggu dan berdoa. Hehe 😀

 

Asus Device

Untuk Asus sendiri, terakhir saya check Asus memang sudah menyediakan websitenya, dengan nama Asus Device Tracker, tapi website ini belum bisa digunakan untuk melacak lokasi smartphone asus sendiri. Dan kita diarahkan untuk menggunakan solusi pertama tadi.

Screenshot 2016-01-18 11.25.39


Note : Untuk vendor lainnya, saya akan coba update di waktu lainnya. Semoga bermanfaat..

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s