Membuat Aplikasi Download File Sederhana di Android

Hai All, di postingan kali ini kita akan membuat aplikasi sederhana untuk mendownload file di Android. Tentu implementasi tutorial ini nantinya bisa di terapkan pada aplikasi yang sedang dikembangkan dan membutuhkan download file. Contohnya aplikasi penyedia dokumen, music, film, dsb. Ok, mari kita coba bahas.

  1. Pertama buat Project baru, beri nama sesuai yang Anda inginkan. Disini saya memberi nama projectnya dengan nama DownloadFile.
  2. Karena di aplikasi ini kita akan menggunakan internet, maka aplikasi kita harus memiliki izin untuk mengakses internet. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan permission pada file AndroidManifest.xml. Tambahkan script dibawah ini pada file AndroidManifest.xml pada project DownloadFile, tepatnya dibawah tag </application>.

  3. Selanjutnya kita membuat class yang berfungsi untuk mendownload filenya, yang dinamakan dengan class DownloadFileFromURL didalam file MainActivity.java.

  4. Selanjutnya kita sediakan media untuk menampilkan gambarnya pada layout conten_main.xml, dengan cara menambahkan script berikut kedalamnya.

  5. Nah sekarang kita sudah bisa menjalankan aplikasiAplikasi Download File Android

Well cukup sekian tutorial kali ini, untuk sourcecodenya bisa di download di Github ini. Semoga bermanfaat guys ..

Iklan

3 pemikiran pada “Membuat Aplikasi Download File Sederhana di Android

  1. Bro mau tanya… aq buat aplikasi yg ada menu download yg script nya pake downloadmanager. Tapi ada beberapa hp yg tidak bisa melakukan download. Apakah itu dikarenakan versi android yg digunakan tidak support downloadmanager atau bagaimana ya? Mohon Bantuannya ya.

    Suka

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s