Android Studio Live Templates

Jika di tutorial sebelumnya kita terlah berhasil membuat aplikasi yang memanfaatkan pattern season atau spesifiknya dinamakan dengan SharedPreferences, di tutorial ini kita akan membahas teknik coding yang menarik dan membantu dalam pengembangan aplikasi Android, sehingga lebih efisien. Teknik ini dinamakan dengan Live Template.

Dari kesimpulan yang saya dapat, Live templates adalah smart code editor yang memberitahu kepada penggunaanya, bahwa ada suggest template code yang ada sesuai dengan user tuliskan saat code. User hanya perlu memilih template yang ada dengan tombol enter atau tab.

Contoh gampangnya, kita mungkin sering menuliskan code berulang yang seperti code dibawah ini:

Toast.makeText(MainActivity.this, "This will not be displayed");

Well namanya manusia pasti kita pernah melakukan kesalahan dalam menuliskan code yang sama walaupun sering kita gunakan. Tau kah Anda sebenarnya Live Template ini  sudah ada semenjak Android Studio di release, contoh gampangnya adalah saat kita memanggil fungsi Toast, For, dsb, cuma baru diangkat lagi belakangan ini.

Pada Live template, kita juga bisa menambahkan kumpulan code yang lebih banyak untuk digunakan sebagai template code. Contohnya saat kita membuat fungsi static start seperti starter yang nantinya membuat method helper untuk menjalankan Activity seperti berikut:

Jika ingin melihat daftar Code template yang telah terdaftar pada live template bisa dilihat di File> Settings > Editor > Live Template.

Nah, semoga trik ini bermanfaat dan selamat mencoba. See Yaa ..

Iklan

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s