Implimentasi Firebase Notification di Android

Melanjutkan Project Chatting di postingan ini, maka di postingan kali ini kita akan coba mengimplementasikan notification di dalamnya. Butuh waktu beberapa hari untuk saya baru bisa publish postingan tentang Notification Firebase ini, hal ini dikarenakan saya mengalami beberapa kendala saat implementasi Notification.

Nah sebelum saya share kendala apa saja yang saya alami saat mengimplementasikan notification ini, ada baiknya kita terlebih dahulu membahas apa itu Firebase notification, kenapa harus Firebase Notification, dan bagaimana mengimplementasikan Firebase Notification.

Firebase Cloud Mesagging

Singkatnyam, Firebase Notification adalah service gratis yang disediakan oleh Google untuk mengirimkan notification ke mobile application.

 

Cara kerja Firabase Notification

 

Implementasi

  1. Tambahkan code berikug pada Gradlle agar firebase notificaiton dapat digunakan.
    compile 'com.google.firebase:firebase-messaging:9.0.0'
    
  2. Setelah code diatas ditambahkan, Sync project agar project sudah support Firebase messaging. Selanjutnya buat class Java baru dengan nama
    MyFirebaseInstanceIDService.java ini berfungsi untuk membuat token device. Dan juga buat class baru dengan nama MyFirebaseMessagingService.java, ini berfungsi untuk service yang menerima dan menampilkan notification.
  3. Pada class MyFirebaseInstanceIDService.java, tambahkan code dibawah ini kedalamnya.

    Firebase Instance ID merupakan indentifier untuk setiap aplikasi yang menjadi faktor kunci agar dapat menerima atau mengirimkan FCM messages.

    Nah, Firebase Instance Id ini akan berubah jika :

    1. Aplikasi menghapus instance ID nya
    2. Aplikasi ada di device baru
    3. User menghapus atau menginstal ulang aplikasi
    4. User membersihkan data aplikasi


    4 hal diatas menjadi penting untuk menentukan kapan kita harus mengupdate Instance ID ke server, agar server tidak mengirimkan Id yang salah pada device.

  4. Pada class MyFirebaseMessagingService.java, tambahkan code dibawah ini kedalamnya.

  5. Next kita daftar kedua service ini dalam Manifest Project yaitu pada file AndroidManifest.xml dengan strukstur seperti dibawah ini:

  6. Oke persiapan firebase pada project Android hampir selesai, sentuhan terakhir yang perlu kita lakukan adalah menambahkan config firebase dalam bentuk file google-services.json yang bisa kita dapatkan di dashboard firebase aplikasi. Yaitu di Firebase Project > Project Settings > General.
  7. Lalu buat config untuk aplikasi Android, dan masukkan Package app name pada form Config.
  8. Oke, saya asumsikan Anda telah memasukkan file config tersebut kedalam project dan mengikuti instruksi pada tahapannya. Selanjutnya coba jalankan aplikasi, agar kita bisa memulau testing notification menggunakan Firebase Notification pada Firebase Dashboard.
  9. Berikut Set Notification melalui dashboard.

    Firebase Notificaiton - Dashboard
    Firebase Notificaiton – Dashboard
  10. Berikut saat notification sampai di mobile

    Firebase Notification – Mobile

Postingan ini sebenarnya sedikit telat di publish dikarenakan notification hanya bisa bekerja sempurna saat aplikasi berada dalam mode aktif, dan terkadang tampil saat aplikasi dalam mode sleep. Dan benar-benar tidak berfungsi ketika aplikasi di kill. Masalah seperti ini juga banyak ditemukan di sini :

Well mungkin cukup sekian sharing kali ini, sebenarnya ada cara lain untuk melakukan notification selain menggunakan Firebase Dashboard, yaitu melalui HTTP connection server protocol tp mungkin next update bakal saya tambahkan, dan oya untuk samplenya nyusul. Semoga informasinya bermanfaat.

One thought on “Implimentasi Firebase Notification di Android

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s