Internet of Things

Berikut penjelasan mengenai apa itu IoT (Internet of Things), apa tujuan dari IoT, cara kerja IoT dan teknologi yang mengimplementasikan Internet of Things. Singkatnya Internet of Things (IoT) adalah konsep untuk memperluas manfaat internet saat ini,  dimana benda-benda fisik dan virtual yang ada disekitar kita saat ini dapat berkomuniasi satu sama lain melalui jaringan internet.

Internet Of Thins

Banyak manfaat yang didapat dari Internet of Things, yang tujuannya untuk membuat pekerjaan yang kita lakukan menjadi cepat, mudah, dan efisien. Salah satu contoh manfaat dari Internet of Things ini pada sebuah mobil yang telah built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah atau kondisi mesin, yang dilengkapi kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan internet.

Untuk mempermudah penjelasan, berikut video animasi tentang IoT yang dijelaskan oleh Intel:

Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center. – wikipedia

Cara kerja IoT itu sendiri yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa pun. Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.

Tantangan terbesar dalam mengkonfigurasi Internet of Things ialah menyusun jaringan komunikasinya sendiri, yang dimana jaringan tersebut sangatlah kompleks, dan memerlukan sistem keamanan yang ketat. Selain itu biaya yang mahal sering menjadi penyebab kegagalan yang berujung pada gagalnya produksi. Untuk saat ini, konsep ini menjadi trend di kalangan perusahaan besar seperti Microsoft, Intel, Oracle, dsb. Berikut video terkait IoT:

bds_20141120194022_How-The-Internet-of-Things-Will-Make-Our-World-Smart-Infographic

Semoga Bermanfaat ..


 

Update Post – (12/04/15)

Ada berita bagus nih, jadi sekarang Microsoft sudah membuat investasi yang besar-besaran untuk perkembangan dan pengembang Internet of Things (IOT). Awal pekan ini Satya menguraikan:

investasi kami untuk IOT di Windows dan Azure akan memberikan penawaran IOT komprehensif bagi pelanggan dan mitra kami.

IoT-1

Untuk mengatasi kemunculan IOT, Microsoft memberikan versi terbaru dari Windows 10 yang ditargetkan untuk perangkat kecil. Selain itu, Microsoft juga berkerjasama dengan Raspberry Pi Foundation, Intel, dan Qualcomm, Microsoft juga akan memberikan device builders  untuk pengembangan dan dapat digunakan pada sistem operasi Windows 10 [1].

IoT-2

 

Daftar Pustaka

  1. http://blogs.windows.com/bloggingwindows/2015/03/18/windows-10-iot-powering-the-internet-of-things/
Iklan

Satu pemikiran pada “Internet of Things

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s