Membuat Expand ListView Material Design di Android

Hai All, di sharing kali ini kita akan membuat aplikasi sederhana untuk menampilkan expand list view, berbeda dengan listview sebelumnya. Di tutorial kali ini kita tidak akan menggunakan library mana pun, karena framework yang disediakan oleh Android sudah powerfull untuk menampilkan expand listview standar menurut saya. Class yang digunakan untuk mengimplementasikannya adalah class Adapter. Jadi mari kita langsung saja mencobanya.

  1. Buat project baru seperti biasa, disini saya memberi namanya dengan ExpandListView.
  2. Pertama kita harus membuat model item untuk model datanya yang nantinya akan ditampilkan.
  3. Buat class baru dengan nama item.java pada package project, yang berisikan code seperti berikut:

  4. Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membuat adapternya, buat class baru dengan nama ExpandableAdapter.java dilokasi yang sama dengan file Item.java, lalu isikan code berikut kedalam file ExpandableAdapter.java tersebut.

  5. Tentunya kita akan mendapatkan error pada Project, hal ini dikarenakan kita belum membuat layout row_item.xml. Untuk itu kita perlu membuat layout tersebut didalam folder res/layout, lalu isikan code berikut kedalamnya.

  6. Selanjutnya menyediakan fungsinya pada activity utama, yaitu pada file MainActivity.java. Update file tersebut sehingga menjadi seperti berikut:

  7. Terakhir adalah membuat wadah untuk menampung daftar item yang telah kita buat sebelumnya pada file activity_main.xml. Copy-kan code dibawah ini pada file tersebut, tepat sebelum tag script ini
    </android.support.design.widget.CoordinatorLayout>
    

  8. Coba jalankan aplikasi, seharusnya sih tidak ada error. Jika pun ada silahkan berbagi di kolom komentar dibawah ini. Well, diasumsikan tidak error, dan aplikasi akan berjalan seperti gambar dibawah ini.
    Expandable ListView

Nah cukup sekian pembahasan kali ini, untuk source code bisa di download di GitHub ini. Semoga bermanfaat …

Iklan

3 pemikiran pada “Membuat Expand ListView Material Design di Android

  1. hi, saya newbie kebetulan saya sedang kerjain pembuatan aplikasi android yg diminta sih expand listview tapi apa bisa kalau yg ditampilkan hanya misal 2 data saja, setelah di expand baru data child nya tampil semua? thanks

    Suka

Good People write good comments ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s